Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motivasi: Pengertian, Teori, dan Jenisnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/vectorjuice
Ilustrasi motivasi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Motivasi merupakan istilah yang sering di dengan dalam kehidupan sehari-hari. Motivasi dikaitkan dengan kemauan seseorang untuk melakukan suatu kegiatan.

Dilansir dari Verywell Mind, motivasi adalah kekuatan yang memulai, membimbing, dan mempertahankan perilaku yang berorientasi pada tujuan.

Motivasi diterjemahkan sebagai hal yang mendorong perilaku manusia untuk mendapatkan suatu tujuan.

Misalnya seseorang termotivasi untuk belajar karena ingin mendapatkan gelar akademik. Untuk lebih memahami tentang motivasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teori motivasi

Berikut adalah lima buah teori motivasi yang paling terkenal, yaitu:

Teori hierarki Maslow teori motivasi yang dikemukakan Abraham Maslow pada tahun 1943. Dilansir dari Lumen Learning, hierarki Maslow menggambarkan serangkaian kebutuhan fisiologis dan emosional untuk kepuasan manusia yang diatur dalam hierarki atau urutan kebutuhan manusia.

Baca juga: Etika Bisnis: Pengertian, Teori, Prinsip, dan Contohnya

Teori hierarki Maslow mengurutkan kebutuhan manusia dimulai dari paling bawah ke paling atas yaitu:

Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan pokok yang menyangkut keberlangsungan hidup manusia. kebutuhan fisiologis berupa oksigen, makanan, tidur, air bersih, kemampuan homeostatis dan juga sekresi.

Kebutuhan keamanan merupakan kebutuhan rasa aman manusia. kebutuhan keamanan meliputi keamanan pribadi, keamanan keuangan, kesejahteraan pekerjaan, keamaan keluarga, dan moralitas.

Manusia sebagai makhluk sosial memiliki kebutuhan sosial, yaiti interaksi antar sesama manusia. kebutuhan sosial dapat berupa pertemanan, kebutuhan untuk dicintai, hubungan keluarga yang baik, hingga hubungan dengan kolega maupun sekedar kenalan.

Manusia juga membutuhkan kebutuhan penghargaan yang berupa rasa percaya diri, rasa respek kepada sesama, rasa dihormati dan menghormai orang lain, dan juga perasaan diakui karena bakat maupun kemampuan.

Baca juga: Elektroforesis: Teori dan Jenisnya

Kebutuhan aktualisasi diri adalah potensi penuh seorang manusia dan ambisi pribadi. Kebutuhan aktualisasi diri dapat berupa kreativitas, spontanitas, dan juga kemampuan pemecahan masalah.

Teori motivasi Mc Clelland menggolongkan kebutuhan manusia menjadi tiga jenis yaitu achievement, afiliasi, dan kekuasaan.

Need for achievement atau kebutuhan akan prestasi adalah kebutuhan di mana manusia ingin mencapai atau menunjukkan kompetensi dirinya kepa orang lain.

Kebutuhan akan prestasi mendorong seseorang untuk melakukan hal dengan lebih baik agar diakui oleh orang lain maupun oleh diri sendiri.

Dilansir dari A Knowledge Hut, need for affiliation atau kebutuhan akan afiliasi adalah kebutuhan akan rasa cinta, rasa memiliki, dan penerimaan sosial.

Kebutuhan akan afiliasi membuat seseorang termotivasi melakukan suatu prilaku untuk diakui lingkungan sosialnya.

Need for power atau kebutuhan akan kekuatan adalah keinginan seseorang akan kekuasaan dan memiliki otoritas yang lebih tinggi daripada orang lain.

Baca juga: Teori Keadilan Menurut Aristoteles dan Contohnya

  • Teori motivasi ERG Alderfer

Teori ERG Alderfer adalah teori yang dikembangkan dari teori hierarki Maslow oleh seorang psikologis bernama Clayton Paul Alderfer.

Teori ERG Alderfer menunjukkan bahwa ada tiga kelompok kebutuhan inti yaitu E untuk existence (eksistensi), R untuk relatedness (keterkaitan), dan G untuk growth (perkembangan).

Kebutuhan eksistensi adalah kebutuhan dasar melingkupi kebutuhan fisiologis, keamanan, dan kenyamanan. Misalnya udara, makanan, air, tempat tinggal, kesehatan, juga pekerjaan yang aman.

Kebutuhan keterkaitan adalah kebutuhan interpersonal seorang manusia dengan manusia lainnya dalam kehidupan sosial. Misalnya dengan pasangan, teman, maupun keluarga.

Kebutuhan prkembangan adalah kebutuhan seseorang untuk mempertahankan harga diri dan melakukan aktualisasi diri. Misalnya kepercayaan diri, prestasi, kreativitas, dan kemampuan pemecahan masalah.

Baca juga: Teori Neo-Darwinisme: Pengertian, Sejarah, dan Perkembangannya

  • Teori harapan Vroom

Teori harapan Vroom dikemukakan oleh Voctor Vroom, Edward Lawler, dan juga Lyman Porter. Teori ini didasari oleh tiga hal yaitu valance, expectancy, dan instrumentally.

Dilansir dari University of Cambridge, valence adalah orientasi emosional yang dipegang tentang suatu hasil dan keinginan terdalam seseorang. Misalnya keinginan penghargaan berupa uang, jabatan, waktu istirahat, maupun tunjangan.

Expectancy adalah harapan atau kepercayaan seseorang bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Setiap orang memiliki expectancy yang berbeda-beda bergantung pada kemampuan individunya sendiri.

Yang terakhir adalah instrumentally yaitu keyakinan dalam mendapatkan sesuatu. Sehinga dalam melakukan sesuatu, seseorang yakin mendapatkan suatu tujuan tertentu.

  • Teori motivasi Herzberg

Teori motivasi Herzberg menjelaskan ada dua faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan dalam suatu lingkungan. Faktor pertama adalah faktor intrinsik yang terdapat dalam setiap individu misalnya prestasui, pengakuan, dan perkembangan.

Faktor kedua merupakan faktor kebersihan atau iklim baik suatu lingkungan pekerjaan. Misalnya hubungan antar individu, gaji, tunjangan, kondisi kerja, serta hubungan antara atasan dan bawahan.

Baca juga: Hubungan Teori Keunggulan Mutlak dengan Perdagangan Internasional

Jenis-jenis motivasi

Motivasi menurut sumbernya dibagi menjadi dua, yaitu motivasi interinsik dan motivasi eksterinsik.

Motivasi interinsik adalah motivasi yang datang dari diri sendiri tanpa adanya pengaruh dari orang lain. misalnya keinginan untuk mendapat uang dan membeli barang yang disukai.

Adapaun motivasi eskterinsik adalah motivasi yang lahir dari faktor pendorong luar. Motivasi eksterinsik muncul saat ingin mendapatkan sesuatu dari orang lain atau menghindari sesuatu yang negatif dari luar.

Misalnya keinginan mendapat pujian, diterima oleh orang lain, maupun mengikuti standar hidup karena gengsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi