Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kriptogamae: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi kriptogami
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Makhluk hidup diklasifikasikan ke dalam kelompok sesuai dengan ciri-ciri yang dimilikinya.

August Wilhem Eichler dalam buku Bluthendiagramme (1875) membagi tumbuhan dengan klasifikasi yang dinamakan sistem filogenetik.

Sistem filogenetik membagi tumbuhan menjadi dua subkingdom yaitu kriptogamae dan phanerogamae. Kerajaan tumbuhan dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, salah satunya adalah kriptogamae atau kriptogami.

Widjaja, E. A dalam buku Kekinian Keanekaragaman Hayati Indonesia (2014) menyebutkan bahwa kriptogamae adalah kelompok tumbuhan rendah yang berasal dari bahasa Yunani “cryptos” yang berarti tersembunyi dan “gamein” yang berarti kawin. Hal ini merujuk pada kriptogame yang tidak menghasilkan biji.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Macam-macam Proses Penyerbukan Bunga

Ciri-ciri kriptogamae

Kripttogame atau kriptogami disebut sebagai tumbuhan tingkat rendah kaena tidak seperti tumbuhan pada umumnya.

Dilansir dari Study, mereka tidak memiliki struktur tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, buah, biji sejati, bahkan alat reproduksinya tersembunyi.

Sebagai gantinya, kelompok tumbuhan kriptogamae memiliki bentuk tubuh berupa thallus. Kecuali tumbuhan paku yang memiliki akar, batang, dan daun.

Kelompok tumbuhan kriptogamae kebanyakan bereproduksi secara aseksual dengan cara membentuk spora. Namun beberapa spesiesnya bisa bereproduksi secara seksual dengan pelebura gamet maupun vegetatf dengan fragmentasi.

Dilansir dari Botany Today, beberapa kriptogamae mengalami pergentian generasi atau melewati dua fase untuk menyelesaikan siklus hidup mereka berupa fase sporofit dan fase gametofit.

Fase sprorofit ditandai dengan reproduksi aseksual yang bersifat diploid, sedangkan fase gametofit diandai dengan reproduksi seksual yang bersifat haploid.

Baca juga: Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya

Contoh tumbuhan kriptogamae

Eichler dan Engler mengelompokan tumbuhan kriptogamae menjadi tiga divisi yaitu thallophyta, bryophyta, dan pteridophyta.

Thallophyta adalah divisi tumbuhan yang tidak berbiji juga tidak berbunga. Yang termasuk thallophyta adalah alga, jamur, lumut, dan juga bakteri.

Bryophyta adalah divisi tumbuhan kecil yang tidak dapat dibedakan strukturnya. Yang termasuk bryophyta adalah lumut, lumut hati, dan juga lumut tanduk.

Pteridophyta adalah divisi tumbuhan tumbuhan tingkat rendah tanpa bunga yang bisa dibedakan struktur batang, akar, dan daunnya. Yang termasuk pteridophyta adalah tumbuhan paku-pakuan, lumut bulu, lumut gada, lumut paku, dan tumbuhan ekor kuda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi