Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Musik Idiophone: Pengertian dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
wikipedia.org/Codell
Kouxian, sebuah idiofon yang dipetik.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Ada banyak alat musik di dunia, mulai dari tradisional hingga yang modern. Semua alat musik tersebut memiliki ciri khas dan suara yang berbeda.

Selain itu, tiap alat musik juga memiliki cara memainkannya masing-masing, seperti dipukul, dipetik, ditiup, atau lainnya.

Alat musik merupakan alat atau instrumen yang digunakan untuk menghasilkan suara tertentu. Cara memainkan alat musik akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan.

Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya alat musik idiophone atau idiofon.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Ahmad Faisal Al Kautsar dalam buku Mahir Bermain Gitar (2016), idiofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran badan alat musik tersebut. Atau alat musik yang menggunakan badan alat musik itu sendiri. Artinya ketika dimainkan, alat musik akan bergetar dan kemudian menghasilkan suara.

Baca juga: 4 Alat Musik Daerah Sulawesi Barat

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, umumnya alat musik idiophone (idiofon) terbuat dari bahan padat yang beresonansi atau menimbulkan getaran suara. Contohnya seperti kayu, logam, batu, atau bahan lainnya yang padat dan bisa beresonansi.

Contoh alat musik idiofon

Banyak alat musik yang termasuk dalam idiofon. Apa sajakah itu?

Adalah alat musik tradisional dari Sulawesi Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu khusus yang telah disusun sesuai urutan nadanya. Kolintang dimainkan dengan cara dipukul agar bisa menghasilkan suara.

Adalah alat musik tradisional yang cukup terkenal di Asia Tenggara dan Asia timur. Gong termasuk alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus. Alat musik ini terbuat dari logam.

Dikutip dari Encyclopedia Jakarta, simbal merupakan alat musik yang sudah digunakan sejak zaman kuno. Simbal memiliki banyak ukuran, mulai dari kecil hingga besar.

Alat musik ini terbuat dari bahan logam dan termasuk dalam jenis alat musik perkusi. Simbal dapat dimainkan dengan cara dipukul pakai alat khusus, dibenturkan atau digesekkan dengan simbal lainnya.

Baca juga: Guoto, Alat Musik Daerah Papua Barat

Angklung merupakan alat musik idiophone yang bisa ditemui di daerah Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu khusus atau tabung bambu.

Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Suara yang dihasilkannya berasal dari efek benturan antar tabung bambu tersebut.

Adalah alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan pemukul khusus mirip palu. Saron terbuat dari bilah logam yang telah disusun berdasarkan urutan nadanya.

Adalah alat musik tradisional yang terbuat dari logam kuningan dan disusun sesuai urutan nadanya. Bonang agak mirip seperti gong, tapi ukurannya lebih kecil. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul sehingga menghasilkan getaran suara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi