Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teori AIDAS dan Pengaruhnya di Bisnis Marketing

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Teori AIDAS dan Pengaruhnya di Bisnis Marketing
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Teori AIDAS menjadi salah satu teori yang sering digunakan dalam kegiatan penjualan.

Lebih tepatnya, teori ini menjelaskan secara rinci mengenai tahapan yang harus dilakukan oleh penjual atau perusahaan dalam melaksanakan penjualan.

Dapat dikatakan pula jika teori AIDAS termasuk dalam konsep strategi pemasaran. Tujuannya supaya konsumen bisa merasa puas dan perusahaan atau penjual bisa mendapat keuntungan maksimal.

Biasanya teori ini diterapkan dalam pemasaran digital, strategi penjualan, serta kampanye humas (hubungan masyarakat).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Etika Bisnis: Pengertian, Teori, Prinsip, dan Contohnya

Teori AIDAS

Menurut Irwan Istanto Jaya, dkk, dalam jurnal Perancangan Promosi Tempat Tidur Mr Coil (2014), teori AIDAS mengatakan jika segala bentuk promosi harus dilandaskan pada tahap demi tahap yang telah direncanakan sebelumnya.

AIDAS merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action, Satisfication. Berikut penjelasannya:

Dilansir dari situs Corporate Finance Institute, attention merupakan tahapan di mana konsumen mendapat perhatian terhadap suatu produk.

Artinya penjual akan melakukan berbagai upaya untuk menarik perhatian pembeli, supaya konsumen mendapatkan kesan pertama yang baik.

Attention bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya lewat iklan media sosial, iklan di televisi, ataupun dengan promosi langsung ke calon konsumen.

Adalah tahapan saat penjual harus menciptakan minat pada diri konsumennya. Misalnya apakah suatu produk dapat menarik minat khalayak untuk membeli dan memakainya.

Baca juga: Strategi Merek dalam Bisnis

Penciptaan interest bisa dilakukan dengan menarik perhatian konsumen secara intensif. Sehingga minat pembeli semakin kuat.

Agar minat pembeli semakin kuat, penjual bisa lebih fokus pada target pasar dan menentukan cara yang dirasa pas.

Misalnya yang ditargetkan remaja, penjual bisa bertanya soal aktivitas atau kesukaannya dan kemudian bisa dihubungkan pada produk yang dijual.

Pada tahap ini, penjual memberikan penawaran yang tidak dapat ditolak. Artinya penjual akan terus merangsang keinginan konsumen hingga akhirnya berniat membeli.

Penjual akan berusaha menyingkirkan berbagai penghalang, seperti penolakan, interupsi ataupun hal lainnya.

Tahapan ini bisa dilakukan dengan memberi promosi, penawaran harga terbaik, diskon, pemberian informasi menarik tentang produk, manfaat menggunakan produk, dan lain sebagainya.

Baca juga: Peluang Bisnis Makanan Khas Daerah yang Menarik untuk Dikembangkan

  • Action

Action merupakan tahapan untuk membuat konsumen mengambil tindakan pembelian. Kegiatan penjualan dianggap berhasil apabila konsumen membeli produk yang sudah ditawarkan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajak konsumen untuk membeli produknya.

  • Satisfication

Merupakan tahapan di mana penjual akan memastikan konsumen mendapatkan kepuasan. Tidak hanya dari segi promosi saja, tetapi juga dalam penggunaan produk. Sehingga konsumen merasa jika keputusan yang diambil sudah tepat.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengucapkan terima kasih kepada konsumen setelah membeli produknya, menjaga kualitas produk, menanggapi keluhan terhadap produk, dan lain sebagainya.

Pengaruh teori AIDAS di dunia bisnis marketing

Teori AIDAS jelas membawa pengaruh dalam dunia bisnis marketing. Adanya teori ini membuat perusahaan ataupun penjual merasa lebih jelas dalam menentukan strategi pemasaran.

Artinya tahapan promosi produk ataupun kegiatan penjualan dapat berjalan lebih sistematis dan terstruktur.

Selain itu, dengan menerapkan teori AIDAS di bisnis marketing juga memudahkan penjual atau perusahaan dalam melakukan evaluasi terhadap hal yang dirasa masih kurang.

Sehingga hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan terhadap strategi pemasarannya.

Baca juga: Tips dan Trik yang Perlu Diperhatikan dalam Bisnis Online

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi