Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Hewan Ovipar dan Ciri-Cirinya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi contoh hewan ovipar
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Hewan adalah salah satu kelompok makhluk hidup yang menyumbang besar di Bumi. Setiap spesies hewan berbeda satu sama lain, salah satu pembedanya adalah cara perkembangbiaknya.

Cara melahirkan keturunan hewan dibagi menjadi tiga yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Pada materi kali ini kita akan mempelajari tentang ovipar. Ovipar adalah proses perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur.

Dilansir dari Biology Dictionary, hewan ovipar dapat membuahi telur secara eksternal maupun internal namun selalu menetaskan anaknya di luar tubuh.

Pembuahan internal yaitu peleburan gamet di dalam tubuh betina, setelah dibuahi barulah telur ditetaskan untuk kemudian berkembang di luar tubuh induk.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adapun pembuahan eksternal dilakukan diluat tubuh induk. Dilansir dari Lumen Learning, pembuahan eksternal hewan ovipar telur dikeluarkan terlebih dahulu dari tubuh betina dan baru bertemu dengan sperma di lingkungan luar.

Baca juga: Fertilisasi Internal: Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

Telur yang ditetaskan hewan ovipar berisi embrio keturunannya yang akan berkembang di luar tubuh induknya dengan sumber makanan berupa kuning telur.

Ciri-ciri hewan ovipar

Hewan ovipar memiliki ciri-cirinya sendiri sebagai berikut:

Contoh hewan ovipar

Beberapa contoh hewan ovipar adalah:

Dilansir dari Microbe Notes, semua burung secara ekslusif adalah ovipar karena bereproduksi dengan cara bertelur. Burung hantu, beo, gagak, elang, pelikan, flamingo, nasar, dara, kolibri, penguin, dan sekitar sembilan ribu spesies burung lainnya adalah hewan ovipar.

Baca juga: Contoh Hewan Vivipar

Unggas selain burung yang merupakan hewan ovipar adalah ayam, bebek, dan angsa.

Hampir seluruh spesies serangga merupakan hewan ovipar atau betinanya bertelur. Contoh serangga yang tergolong ovipar adalah kupu-kupu, semut, lebah, tawon, rayap, dan kumbang.

Beberapa jenis arthropoda merupakan hewan ovipar seperti udang, lobster, kepiting, kalajengking, laba-laba, dan lipan.

Hampir seluruh spesies ikan adalah hewan ovipar. Misalnya ikan tuna, barakuda, koi, lohan, mas, nila, mujair, cupang, alligator gar, arapaima, dan baramundi. Beberapa spesies hiu juga termasuk hewan ovipar seperti hiu bullhead, hiu post Jackson, hiu zebra, dan juga hiu kucing.

Sebagian besar amfibi dan reptil merupakan hewan ovipar. Contohnya katak, salamander, kadar air, kadal, buaya, alligator, ular, dan juga kura-kura.

Baca juga: Contoh Hewan Ovovivipar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi