Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peta Pikiran Indra Pendengar Manusia

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Manusia memiliki lima panca indera yaitu indra pengelihatan, indra pengecap, indra pembau, indra peraba, dan juga indra pendengar. Indra pendengar memungkinkan manusia untuk mendengar berbagai bunyi menggunakan telinga.

Tapi pernahkah kamu berpikir bagaimana kita dapat mendengar bunyi? Peta pikiran indra pendengar manusia ini akan menjawab pertanyaannmu!

Baca juga: Telinga: Bagian, Fungsi dan Cara Merawatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Telinga

Telinga adalah organ utama indra pendengaran manusia. telinga memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai organ pendengaran dan penjaga keseimbangan dalam sistem vestibular.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, telinga memiliki tiga kanal setengah lingkaran dan dua organ otolit yang diisi dengan cairan. Cairan dan organ-organ tersebut akan melaporkan gerakan pada otak dan bertanggung jawab atas gerakan kepala yang spesifik.

Ketika manusia berputar dengan cepat dan lama, kanal tersebut akan mengirim sinyal posisi kepala yang bertentangan ke otak. Inilah yang membuat kita merasa pusing setelah berputar.

Struktur telinga

Berdasarkan posisinya, telinga dibagi menjadi tiga bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam. Masing-masing bagian telinga memiliki struktur dan fungsinya sendiri. Berikut penjelasannya:

Terdapat dua bagian yang terdapat di telinga luar, yakni:

  1. Daun telinga adalah tulang rawan yang membentuk bagian luar telinga manusia. Daun telinga berfungsi menangkap gelombang suara juga melindungi lubang telinga.
  2. Lubang telinga bukan hanya lubang tetapa marangkap saluran telinga yang mengantarkan gelombang suara ke telinga bagian dalam. Lubang telinga juga memiliki rambut halus yang bisa menahan masuknya benda asing ke dalam telinga.

Baca juga: 5 Macam Indera Manusia dan Fungsinya

Telinga tengah terdapat dua bagian, sebagai berikut:

Gendang telinga atau membran timpani adalah pemisah telinga bagian luar dan tengah. Dilansir dari MedlinePlus, ketika gelombang suara akan menyebabkan gendang telinga bergetar, getaran tersebut kemudian akan di transfer ke tulang-tulang kecil di tengah.

Menurut situs Healthline, getaran suara yang ditransfer gendang telinga ditangkap oleh tiga tulang kecil pendengaran yaitu maleus, inkus, dan stapes.

Ketiga tulang akan mulai bergetar secara berurutan. Stapes kemudian akan menekan membran tipis koklea (pembatas telinga tengah dan dalam) yang disebut dengan jendela oval.

Empoat bagian telinga dalam, yakni:

Kathryn Dumper dalam buku Introductory Psychology (2019) menyebutkan saat stapes menekan jendela oval, cairan dalam koklea mulai bergerak dan merangsang sel-sel rambut silia yang merupakan sel reseptor pendengaran.

Baca juga: Bagian Mata dan Fungsinya

Silia melekat pada membran basilar. Membran basilar inilah yang akan menentukan frekuensi gelombang (pitch) suara yang masuk apakah bernada rendah atau bernada tinggi.

Silia sebagai reseptor pendengaran mengirim gelombang suara otak melalui saraf. Saraf mengirim gelombang suara ke bagian atas batang otak yang berfungsi untuk pendengaran disebut dengan kolikulus inferior.

Proses mendengar

Diambil dari situs National Institute on Deafness and Other Communication Disorder, ada enam tahap dalam proses mendengar sebagai berikut:

  1. Gelombang suara ditangkap daun telinga dan memasuki saluran telinga (lubang teinga) dan mengarah ke gendang telinga.
  2. Gelombang suara yang masuk menggetarkan gendang telinga yang kemudian menggetarkan tiga tulang kecil pendengaran di tengah telinga.
  3. Tulang pendengaran kemudian memperkuat getaran suara dan mengirimkannya ke koklea.
  4. Getaran membuat cairan dalam koklea beriak dan mengaktifkan sel-sel rambut pada membran basilar.
  5. Sel-sel rambut bergerak menyebabkan saluran stereosilia terbuka dan menciptakan sinyal listrik.
  6. Sinyal listrik kemudian dibawa oleh sel saraf pendengaran ke otak dan mengubahnya menjadi suara yang dipahami manusia.

 Baca juga: Tulang Gelang Panggul: Definisi, Bagian-Bagian, dan Fungsinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi