Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kebutuhan Tidak Terduga

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi contoh kebutuhan tidak terduga
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Mengelola pendapatan adalah salah satu hal esensial dalam kehidupan manusia. Setelah gajihan, seseorang biasanya memiliki uang dan dapat membeli apapun yang ia butuhkan.

Namun beberapa hari sebelum gajihan, seseorang biasanya telah kehabisan uang. Sehingga munculah istilah tanggal tua.

Pengaturan pengeluaran dan menabung adalah cara untuk mengatasi adanya tanggal tua. Menabung bukan hanya diperlukan untuk keperluan di masa depan, melainkan juga untuk kebutuhan tidak terduga.

Namun apakah sebenarnya kebutuhan tidak terduga itu?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari The Balance, kebutuhan tidak terduga adalah kebutuhan yang tidak teratur dan benar-benar tidak terduga.

Kebutuhan tidak terduga bukanlah hal yang sering terjadi sehingga sulit untuk diprediksi. Walaupun jarang terjadi, kemungkinan kebutuhan tidak terduga akan selalu ada dalam kehidupan seseorang.

Baca juga: Hubungan Fungsi Konsumsi dan Fungsi Tabungan

Contoh kebutuhan tidak terduga

Beberapa contoh yang masuk ke dalam kebutuhan tidak terduga, yaitu:

Bencana dan musibah merupakan sesuatu yang tidak bisa diprediksi kedatangannya. Bencana dan musibah seringkali menyebabkan kebutuhan juga pengeluaran yang tidak terduga.

Misalnya bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan juga tsunami dapat menyebabkan kerusakan yang perlu diperbaiki.

Musibah juga bisa berbentuk meninggalnya anggota keluarga sehingga harus mengurus biaya pemakaman, hilangnya anggota keluarga sehingga membutuhkan biaya pencarian, ataupun kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kerusakan kendaraan juga korban yang harus dirawat.

Sakit adalah hal yang tidak diduga akan datang dan dapat menganggu aktivitas manusia. Beberapa penyakit parah dan penyakit menular bahkan dapat menghentikan aktivitas manusia sepenuhnya. Sehingga sakit adalah kebutuhan tak terduga mencakup biaya pengobatan juga obat-obatan.

Salah satu penyakit yang menganggu aktivitas manusia adalah covid-19. Penyebaran covid-19 mempengaruhi masyarakat seluruh dunia, tidak hanya kesehatan namun juga ekonomi.

Baca juga: Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan Setiap Individu

Fidelty Investmen dalam penelitian berjudul 2021 Financial Study (2021) menyebutkan bahwa 38 persen orang Amerika berada dalam “Survival Mode” pada tahun 2021 akibat penurunan finansial pandemi Covid-19.

Berhentinya beberapa sektor ekonomi mengakibatkan banyak orang kehilangan penghasilan juga pekerjaan. Sehingga persiapan finansial dibutuhkan untuk menghadapi suatu penyakit ataupun kemungkinan pandemi yang terjadi di masa mendatang.

Ponsel pintar merupakan benda yang penting dalam kehidupan manusia modern. Namun terkadang penggunaan ponsel pintar memberikan pengeluaran tidak terduga. Misalnya kerusakan ponsel, penggunaan berlebihan pulsa, dan juga penggunaan berlebihan internet.

  • Hadiah

Hadiah adalah salah satu kebutuhan tidak terduga. Hadiah ulang tahun dan hari ayah atau hari ibu, tergolong kebutuhan terduga, karena dapat secara pasti direncanakan menurut tanggal.

Hadiah tidak terduga adalah hadiah pencapaian prestasi seperti mendapatkan ranking satu, kelulusan, hadiah pernikahan, hadiah kelahiran, juga hadiah lainnya.

Baca juga: Nutrisi: Kebutuhan Energi

  • Perjalanan tidak direncanakan

Suatu ketika, ada seorang keluarga yang sakit sehingga anda harus mengunjunginya. Atau ada teman yang secara tiba-tiba mengajak jalan-jalan, atau mungkin saja harus datang ke pesta pernikahan kerabat di luar kota.

Hal tersebut merupakan perjalanan tidak terduga yang membutuhkan biaya tidak terduga pula.

Dilansir dari Money Crashers, terkadang tidak ada cara untuk menghindari perjalanan tidak terduga, maka yang harus dilakukan adalah melakukan perjalanan dengan tarif rendah.

  • Promosi harga

Promosi harga berupa diskon dalam jangka waktu terbatas biasanya mendorong seseorang untuk membeli.

Dilansir dari Psychology Today, terbatasnya waktu promosi mendukung seseorang untuk menekan tombol beli dengan cara meningkatkan penyesalan antisipatif individu karena kehilangan dan menciptakan urgensi untuk membeli.

Sederhanya, diskon membuat seseorang membeli barang yang sebenarnya belum atau tidak dibuhkan.

Karena tergiur oleh harga yang lebih murah dan takut kesempatan tersebut tidak datang lagi dikemudian hari. Hal tersebut membuat diskon menjadi salah satu pengeluaran tidak terduga.

Baca juga: Instrumen Pasar Uang

  • Perbaikan rumah

Suatu ketika atap rumah bocor, keran air tidak menutup rapat, tembok berlubang, atau toilet mampet adalah kemungkinan tidak terduga yang bisa terjadi.

Kerusakan rumah tidak dapat diketahui kapan terjadi, biaya perbaikannya juga tidak kecil. Sehingga lebih baik merawat rumah dengan baik dan memeriksa seluruh perangkatnya secara rutin.

  • Traktiran

Traktiran adalah kebutuhan tidak terduga. Misalnya saat ada teman atau keluarga yang datang berkunjung, sebagai tuan rumah yang baik kita biasanya menyambut dan menraktir. Ini adalah salah satu anggaran yang harus disediakan agar tidak mengurangi biaya kebutuhan pokok.

  • Hobi

Hobi adalah kegiatan yang memberikan kesenangan pada seseorang. Keinginan melakukan hobi biasanya datang secara tidak terduga dan melakukan hobi biasanya memerlukan biaya yang tidak terduga. Ada baiknya untuk menganggarkan uang khusus untuk melakukan hobi dari pendapatan.

Kebutuhan tidak terduga dapat diatasi dengan membuat dana darurat. Berdasarkan situs Lumen Learning, dana darurat harus tidak tersentuh dan tersedia untuk kebutuhan tak terduga.

Dana darurat harus disisihkan dari sebagian pendapatan dan tidak disentuh sama sekali jika tidak terjadi kebutuhan tak terduga.

Baca juga: Teori Permintaan Uang Keynes

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi