Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adaptasi: Pengertian Para Ahli, Tujuan, dan Jenisnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/pikisuperstar
Ilustrasi adaptasi kebiasaan baru
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Adaptasi adalah istilah yang akrab dalam kehidupan. Misalnya, seorang anak pindahan harus beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya yang baru.

Begitu juga dengan hewan peliharaan membutuhkan waktu untuk beradaptasi di rumah barunya, dan bunga lotus memiliki daun anti air sebagai hasil adaptasi di lingkungannya yang basah.

Namun sebenarnya apakah itu adaptasi?

Pengertian adaptasi

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut adalah pengertian dari adaptasi menurut para ahli:

Dilansir dari National Geographic, dalam teori evolusi Darwin, pengertian dari adaptasi adalah mekanisme biologis di mana organisme menyesuaikan diri dengan lingkungan baru atau perubahan dalam lingkungan mereka saat ini.

Wallace berpandangan bahwa adaptasi merupakan cara makhluk hidup mengubah fungsi tubuh mereka agar lebih menguntungkan dalam lingkungan hidupnya. Wallace juga berpandangan bahwa perubahan fisik yang menguntungkan dapat diturunkan pada keturunan makhluk hidup tersebut.

Wilsie EC dalam buku Crop Adaptation and Distribution (1962) menyebutkan bahwa pengertian adaptasi didefinisikan sebagai fitur organisme yang memiliki nilai kelangsungan hidup di bawah kondisi yang ada dari habitatnya.

Parsudi Suparlan dalam bukuAdaptasi dalam Antropologi (1993) menyebutkan bahwa pengertian adaptasi yaitu suatu proses untuk memenuhi syarat-syarat dasar untuk tetap melangsungkan kehidupan dan memenuhi syarat-syarat dasar kehidupan.

Baca juga: Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Tujuan adaptasi

Dari pengertian adaptasi yang ada, dapat disimpulkan bahwa tujuan adaptasi makhluk hidup adalah bertahan hidup dan mempertahankan eksistensi spesiesnya di muka bumi. Adaptasi dilakukan agar makhluk hidup tetap bisa hidup walau lingkungannya berubah.

Adaptasi memungkinkan makhluk hidup bertahan dari kondisi baru lingkungan (kondisi geografis), melindungi diri dari pemangsa, mendapatkan makanan dan air, juga bereproduksi.

Jenis adaptasi

Berdasarkan jenis perubahannya, adaptasi dibagi menjadi tiga jenis yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologis, dan adaptasi perilaku. Beirkut penjelasannya:

Daptasi morfologis adalah perubahan struktur tubuh makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sehingga sering juga disebut dengan adaptasi struktural. Perubahan genetik dan fisik pada adaptasi morfologi bersifat menguntungkan bagi organisme.

Misalnya kaktus yang beradaptasi di mana daunnya menjadi kecil untuk mengurangi penguapan, dan batangnya menjadi tebal terlapis lilin untuk menyimpan cadangan air lebih banyak.

Ataupun perubahan warna ngengat Biston betularia menjadi gelap sebagai penyesuaian udara tercemar selama revolusi industri.

Contoh adaptasi morfologi juga dapat dilihat dari berbagaimacam bentuk paruh burung yang menyesuaikan dengan makanannya. Burung kolibri juga mengadaptasi paruh panjang dan tipis sehingga bisa mengekstrak nektar dari bunga.

Baca juga: Pengaruh Karakteristik Geografis dengan Kehidupan Sosial Budaya

  • Adaptasi fisiologis

Berdasarkan BBC, adaptasi fisiologis merupakan perubahan proses tubuh yang membantu organisme untuk bertahan hidup atau bereproduksi.

Misalnya detak jantung penguin yang melambat ketika penguin menyelam sehingga menghemat oksigen dan membuatnya bisa menyelam lebih lama.

Contoh lain adaptasi fisiologis adalah saluran pencernaan koala. Saluran pencernaan koala dapat mencerna daun eucalyptus atau kayu putih yang tidak bisa dikonsumdi oleh makhluk hidup lain. Hal tersebut menguntungkan koala, karena tidak perlu berebut sumber makanan dengan hewan lain.

Contoh paling sederhana adptasi fisiologi pada tubuh manusia adalah sistem homeostatis. Homeostatis adalah mekanisme tubuh untuk mempertahankan kondisi setimbangnya walau lingkungan berubah.

Misalnya lapar saat kekurangan makanan, haus dan berkeringat saat cuaca panas, juga menggigil dan lapar saat cuaca dingin.

Baca juga: Hak dan Kewajiban Terhadap Lingkungan

  • Adaptasi perilaku

Disadur dari Sciencing, adaptasi perilaku adalah perubahan yang memengaruhi cara organisme untuk bertindak secara alami.

Misalnya penguin kaisar akan selalu berkumpul dalam jumlah banyak ketika betina bertelur dan jantan mengerami telur. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kehangatan agar telut bisa bertahan melewati dinginnya Antartika dan menetas.

Contoh lain adaptasi perilaku adalah insting atau naluri yang dimiliki hewan. Hewan bisa melakukan migrasi, hibernasi, hingga kamuflase secara alamiah tanpa harus diajari seseorang. Hal tersebut muncul karena insting hewan yang menuntunnya.

Adaptasi perilaku juga dilakukan manusia dalam kehidupan sosial sehari-hari. Manusia berperilaku secara dinamis tergantung siapa dan apa yang dihadapi.

Contoh paling sederhana adalah cara bicara kepada orang tua dan kepada teman sebaya akan berbeda karena menjunjung tata krama.

Baca juga: Reintegrasi Sosial: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Atau seorang imigran yang beradaptasi dengan negara barunya. Di mana ia harus belajar bahasa baru, terbiasa dengan cita rasa makanan yang berbeda dari negara asalnya, hukum yang berbeda, hingga kebiasaan hidup yang berbeda.

Adaptasi tersebut dilakukan semata-mata agar bisa bertahan hidup dengan baik di lingkungan yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi