Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Positif dan Negatif Letak Geografis Indonesia terhadap Sosial Masyarakat

Baca di App
Lihat Foto
Vera Petrunina
Ilustrasi peta Indonesia
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Indonesia memiliki letak geografis yang strategis. Hal ini jelas membawa dampak, baik positif maupun negatif, ke dalam kehidupan masyarakat, khususnya aspek sosial.

Letak geografis merupakan posisi keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak serta bentuknya di muka bumi. Umumnya letak geografis dibatasi dengan berbagai kenampakan alam yang berhubungan langsung dengan wilayah tersebut.

Melansir dari situs Kementerian Luar Negeri Indonesia, letak geografis Indonesia terletak di dua benua dan dua samudra, yakni Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Mengutip dari jurnal Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Konsep Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia dengan Menggunakan Media Bergambar (2017) karya Syafriadi, letak geografis Indonesia yang diapit dua benua dan dua samudra menempatkan negara ini pada posisi silang yang strategis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Pengaruh Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim

Artinya posisi ini membawa dampak penting di berbagai bidang untuk masyarakat Indonesia. Salah satunya bidang sosial. Berikut penjelasan dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia terhadap sosial masyarakat:

Dampak positif letak geografis Indonesia

Dampak positif akibat pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kondisi sosial masyarakatnya, yaitu:

Terjalinnya komunikasi yang baik antara warga Indonesia dengan warga asing

Letak geografis yang strategis membuat Indonesia sering dikunjungi pedagang ataupun wisatawan asing. Hal ini dapat meningkatkan jalinan komunikasi dan interaksi, antara warga Indonesia dengan warga asing.

Memudahkan warga Indonesia untuk terhubung langsung dengan warga negara lain

Selain meningkatkan jalinan komunikasi, letak geografis yang strategis juga memudahkan warga Indonesia untuk terhubung langsung dengan warga negara lainnya, khususnya dengan negara di sekitar Indonesia.

Adanya pertukaran dan percampuran budaya

Pertukaran budaya dapat dengan mudah terjadi karena letak geografis Indonesia yang strategis. Warga Indonesia mengenalkan budaya kepada warga asing, dan begitu pula sebaliknya. Sehingga terjadilah pertukaran dan percampuran budaya.

Baca juga: Pengaruh Karakteristik Geografis dengan Kehidupan Sosial Budaya

Dampak negatif letak geografis Indonesia

Sedangkan dampak negatif pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kondisi sosial masyarakatnya, sebagai berikut:

Mengakibatkan perubahan perilaku yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia

Letak geografis yang strategis juga dapat membawa dampak negatif untuk Indonesia. Perilaku warga dikhawatirkan dapat berubah karena adanya pengaruh komunikasi dan budaya dari negara lain, yang mana belum tentu sesuai dengan budaya Indonesia.

Hilangnya bahasa daerah

Dalam berkomunikasi dengan warga negara lainnya tentu membutuhkan bahasa internasional. Jika masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan bahasa asing, dikhawatirkan hal ini dapat melunturkan bahasa daerah.

Timbul budaya yang tidak sesuai dengan nilai budaya di Indonesia

Dampak negatif lainnya ialah kekhawatiran tentang timbulnya budaya yang tidak sesuai dengan nilai budaya Indonesia. Apabila hal ini terjadi, dikhawatirkan pula budaya asli Indonesia akan luntur atau hilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Kemlu
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi