Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penulisan Kata Sandang Si dan Sang

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi penulisan kata sandang si dan sang
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Dalam bahasa Indonesia, terdapat beberapa jenis kata salah satunya adalah kata sandang. Kata sandang atau yang disebut dengan artikel merupakan jenis kata tugas dalam bahasa Indonesia.

Menurut Harimurti Kridalaksana Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia (1990) artikula adalah kategori yang mendampingi nomina dasar, nominal deverbal, pronominal, dan verba pasif dalam konstruksi eksosentrik.

Adapun menurut M. Ramlan dalam buku Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan kata (1991) kata sandang adalah kata yang jumlahnya terbatas dan selalu terletak di muka kata golongan nominal sebagai atributnya.

Sehingga kata sandang merupakan kata yang menjadi pelengkap dan penjelas kata lain. kata sandang tidak memiliki maknanya sendiri dan selalu ditulis berdampingan dengan kata lain. Contoh dari kata sandang adalah si dan sang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Penulisan Kata Ganti -Ku, Kau-, -Mu, dan -Nya, Dipisah atau Disambung?

Kata sandang si dan sang

Dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (2016) yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, kata sandang si dan sang ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya. Contohnya:

Dilansir dari PUEBI Daring, huruf awal sang ditulis dengan huruf capital jika sang merupakan nama unsur tuhan. Misalnya:

 Baca juga: Penggunaan Kata Depan Di, Ke, dan Dari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: PUEBI Daring
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi