Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Nama Ilmiah Tulang Manusia

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi daftar nama-nama ilmiah tulang manusia
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Rangka manusia memiliki fungsi untuk menggerakan tubuh, melindungi organ tubuh bagian dalam, sebagai alat gera pasif, tempat memproduksi sel-sel darah, memberi bentuk pada tubuh, tempat cadangan kalsium dan fosfat, dan masih banyak lainnya. 

Dilansir dari buku Anatomi Fisiologi Mausia Dasar (2019) karya Nuril Hidayati, rangka manusia terdiri dari tulang kerasm tulang matriks, tuang spons, protein kolagen, mineral kalsium, pembuluh darah, saraf, dan el-sel tulang khusus. 

Berdasarkan bentuknya, tulang rangka manusia dikelompokkan menjadi tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih, tulang tidak beraturan, dan tulang sesamoid. 

Baca juga: Fungsi Tulang dan Otot pada Manusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut daftar nama-nama ilmiah tulang manusia:

Tulang tengkorak

Bradley W. Amderson dan kawan-kawan dalam Anatomy, Head, and Neck, Skull (2020) menyebutkan bahwa manusia memiliki 22 tulang tengkorak yang dibagi menjadi dua wilayah yaitu:

Neurocranium (yang melindungi otak)

Tulang pelindung otak dan nama ilmiahnya:

Viscerocranium (yang membentuk wajah)

Tulang pembentuk wajah dan nama ilmiahnya:

Baca juga: Tulang Gelang Panggul: Definisi, Bagian-Bagian, dan Fungsinya

Tulang telinga

Tom George dan Bruno Bordoni dalam jurnal Anatomy, Head, and Neck, Ear Ossicles (2021) menyebutkan telinga tengah memiliki tulang-tulang pendengaran yang berfungsi menyalurkan gelombang suara dari lingkungan eksternal ke telinga bagian dalam.

Berikut adalah tulang pendengaran manusia:

Tulang anggota gerak atas

Tulang anggota gerak atas meliputi bagian bahu hingga siku, bagian siku hingga pergelangan tangan, dan juga bagian telapak tangan. Berikut adalah daftar tulang anggota gerak atas:

Baca juga: Proses Pembentukan Tulang Manusia

Tulang anggota gerak bagian bawah

Tulang anggota gerak bagian bawah adalah tulang bagian paha dan kaki yang memungkinkan tubh untuk duduk, berdiri, berjalan, hingga berlari. Berikut adalah nama-nama tulang anggota gerak bagian bawah:

Tulang panggul sendiri terdiri atas tiga pasang tulang yaitu ilium, pubis, dan juga iskium.

Tulang belakang

Disadur dari Spine Universe, kolom tulang belakang terdiri dari 33 tulang individu yang ditumpuk di atas satu sama lain menjadi lima wilayah yaitu cervical, thoracic, lumbar, sacrum, dan coccyx. Berikut adalah daftar nama tulang belakang:

Baca juga: Tulang Rawan: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Tulang dada

Berdasarkan situs TeachMeAnatomy, tulang dada adalah tulang pipih yang terletak di aspek anterior torak atau garis tengah dada dan memiliki bentuk seperti huruf “T”. Tulang dada terdiri dari tiga bagian yaitu:

Tulang rusuk

Tulang rusuk terbentuk berpasangan, dirancang untuk melindungi organ tubuh dalam bagian atas. Tulang rusuk terdiri dari:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi