Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Kalimat Minor?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi kalimat minor
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Kalimat merupakan gabungan klausa, frasa, ataupun kata-kata yang dirangkai untuk mengungkapkan pikiran dengan makna tertentu. Dalam bahasa Indonesia terdapat berbagai jenis kalimat, salah satunya adalah kalimat minor.

Menurut Hasan Alwi dalam buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (2014) kalimat berdasarkan kelengkapan unsur dibedakan menjadi dua yaitu kalimat lengkap dan kalimat tak lengkap. Kalimat tidak lengkap inilah yang disebut dengan kalimat minor.

Abdul Chaer dalam buku Linguistik Umum (2007) mengatakan bahwa kalimat minor adalah kalimat yang klausanya tidak lengkap.

Kalimat minor biasanya hanya memiliki satu unsur pusat saja misalnya hanya obyek saja atau keterangan saja. Jadi kalimat minor tidak terangkai dari subyek, predikat, dan obyek seperti pada kalimat lengkap atau kalimat mayor.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalimat minor sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Josh Daniel Parera dalam buku Menulis Tertib dan Sistematik (1993) menyebutkan bahwa kalimat seru, kalimat panggilan, kalimat judul, kalimat semboyan, dan kalimat salam adalah kalimat minor tak berstruktur.

Baca juga: Kalimat Definisi: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Contoh kalimat minor

Kalimat minor umumnya berbentuk kalimat singkat dengan satu unsur pusat yang menjadi inti kalimat. Berikut adalah contoh kalimat minor dalam kehidupan sehari-hari:

Kalimat judul juga biasanya termasuk kalimat minor misalnya:

Kalimat tambahan yang melengkapi suatu kalimat pokok juga biasanya adalah kalimat minor. Contohnya:

Tubuh makhluk hidup berikut seluruh ciri fisiknya adalah hal yang sangat kompleks dan terstruktur. Lebih-lebih jika dilihat dari segi genetika.

Kalimat “Lebih-lebih jika dilihat dari segi genetika” adalah kalimat minor karena hanya memiliki satu unsur pokok yaitu keterangan.

Baca juga: Penggunaan Tanda Tanya dan Tanda Seru pada Kalimat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi