Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Aturan di Rumah

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi contoh aturan di rumah bagi anak-anak
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Keluarga adalah sekelompok manusia yang terikat melalui hubungan darah ataupun ikatan psikologis yang erat.

Keluarga inti biasanya terdiri dari orang tua dan anak, namun keluarga besar bisa terdiri dari kakek, nenek, sepupu, bibi, om, keponakan, dan sebagainya.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, aturan keluarga membantu menciptakan struktur dan membantu anak memahami perilaku apa yang baik dan tidak baik. Aturan keluarga tidak hanya diterapkan pada anak, namun juga berlaku bagi orang tua.

Berdasarkan situs Verywell Family, aturan keluarga mencakup semua aturan yang diharapkan untuk dipatuhi seluruh anggota keluarga yang dapat direvisi dari waktu ke waktu untuk memecahkan masalah tertentu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari Oxford Clinical Psychology, aturan-aturan di rumah adalah hal yang penting karena aturan rumah cenderung sulit dilupakan dan menghindari potensi argumen yang menyebabkan pertengkaran.

Aturan di rumah selain untuk menjaga keharmonisan keluarga, dilakukan sebagai pendidikan bagi anak. Karena keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi seorang anak.

Baca juga: Tanggung Jawab Ibu dan Ayah dalam Keluarga

Contoh aturan di rumah 

Dilansir dari Psychology Today, keluarga yang sehat adalah tim pendukung yang baik terhdap satu sama lain dalam memelihara serta mendukung harapan, impian, aspirasi, tujuan, dan pembentukan pola pikir juga kepercayaan diri setiap anggotanya.

Berikut adalah contoh aturan-aturan yang terdapat di rumah:

 Baca juga: Contoh Sikap Tanggung Jawab dalam Keluarga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi