Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dislokasi Kanan: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimatnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi pengertian dislokasi kanan pada bahasa Indonesia
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dislokasi kanan menjadi bagian dari bentuk konstruksi kalimat. Dislokasi kanan dilakukan dengan memindah salah satu unsur kalimat ke tempat lainnya, tanpa mengubah status ketopikannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dislokasi dalam kaidah bahasa diartikan sebagai pemindahan unsur kalimat ke bagian awal (sebagai topik kalimat) atau ke bagian akhir kalimat (sebagai penegasan kalimat).

Pengertian dan fungsi dislokasi kanan

Menurut Anton M. Moeliono dan kawan-kawan dalam buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (2017), dislokasi kanan merupakan pemindahan unsur kalimat tertentu ke sebelah kanan, tepatnya ke bagian akhir kalimat, dengan meninggalkan jejak di tempat sebelumnya.

Fungsi utama dari dislokasi kanan adalah penegasan ulang status ketopikan dari unsur yang dipindah. Artinya unsur kalimat yang diubah posisinya ke bagian belakang kalimat, akan mendapat penegasan ulang tentang status ketopikannya atau tanpa mengubah topik pembahasannya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikutip dari jurnal Dislokasi Kiri dalam Bahasa Indonesia (2011), dislokasi kanan termasuk dalam konstruksi non kanonikal. Karena jenis dislokasi ini hanya muncul dalam wacana tertentu dengan tujuan dan pemakaian tertentu pula.

Baca juga: Penulisan Kata Sandang Si dan Sang

Contoh kalimat dislokasi kanan

Beberapa contoh dari dislokasi kanan adalah:

Kata 'anak berbaju merah' itu mengalami dislokasi kanan atau pemindahan kalimat ke bagian akhir kalimat, dengan meninggalkan jejak pada awal kalimatnya.

Kata 'film baru itu' dipindah ke bagian akhir kalimat, tanpa mengubah topik pembahasannya serta meninggalkan jejak pada awal kalimatnya.

Kata 'sejak tahun 2010' mengalami dislokasi kanan sehingga unsur kalimatnya dipindah ke bagian akhir kalimat, tanpa mengubah topik pembahasannya. Selain itu, pada letak kalimat awalnya ditambah dengan kalimat 'waktu itu'.

Baca juga: Penulisan Kata Ganti -Ku, Kau-, -Mu, dan -Nya, Dipisah atau Disambung?

Kata 'di kaki Bukit Menoreh' sudah berada di bagian akhir kalimat, namun untuk melakukan dislokasi kanan haruslah meninggalkan jejak pada letak kalimat sebelumnya. Sehingga ditambah dengan kalimat 'di sana'.

Kata gadis berbaju biru itu dipindah ke bagian akhir kalimat, tanpa mengubah topik pembahasannya. Pada letak kalimat sebelumnya ditambah dengan kata 'dia' untuk meninggalkan jejak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: KBBI Daring
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi