Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chatting: Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com
Ilustrasi chatting
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Chatting sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Tak heran karena chatting merupakan bagian dari interaksi. Chatting bisa dilakukan lewat media apa saja dan tidak harus lewat pesan teks.

Perkembangan zaman memudahkan manusia untuk bisa menjalin interaksi tanpa harus bertemu langsung. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, interaksi dengan teman atau kerabat bisa dilakukan lewat chatting.

Apa itu chatting?

Definisi chatting

Menurut JUD dalam buku Kursus Singkat & Cepat Internet (2016), chatting adalah aktivitas percakapan yang dilakukan lewat media internet, tanpa harus bertatap muka dengan lawan bicaranya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chatting dapat diartikan sebagai fasilitas yang dapat digunakan untuk berbincang-bincang dalam bentuk teks secara langsung dengan pengguna internet di seluruh dunia yang sedang online pada saat bersamaan.

Chatting dapat dilakukan dengan mengirim pesan teks, pesan audio, pesan video, atau lainnya. Aktivitas percakapan ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja, tergantung koneksi internetnya.

Baca juga: Komunikasi: Pengertian Para Ahli, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Dikutip dari buku Panduan Praktis Internet Plus (2008) karya Ricky Brillianto S., sebenarnya cara chatting tidak berbeda jauh seperti mengirimkan pesan teks lewat SMS. Hanya saja chatting membutuhkan media dan internet, serta keunggulannya tidak memiliki batasan karakter.

Sehingga pesan yang disampaikan tidak terbatas. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim pesan berupa gambar, suara, video, animasi, hingga file penting. Chatting membuat manusia bisa berinteraksi dengan manusia lainnya di berbagai belahan dunia.

Fungsi chatting

Secara umum, chatting difungsikan sebagai alat komunikasi yang efisien dan efektif. Penggunanya hanya perlu mendaftar menggunakan nomor handphone atau alamat email, dan kemudian membuat akun. Setelah itu, pengguna bebas menjalin percakapan.

Selain sebagai alat komunikasi yang efisien dan efektif, chatting juga berfungsi sebagai alat untuk berdiskusi. Artinya pengguna bisa membuat obrolan lewat grup dan mengundang pengguna lainnya untuk berkirim pesan dan berdiskusi.

Chatting juga berfungsi sebagai media untuk mendapatkan informasi. Orang bisa menanyakan suatu informasi lewat chatting. Contohnya menanyakan jadwal dokter, berkonsultasi, atau informasi penting lainnya.

Manfaat chatting

Dalam jurnal Bahan Ajar Fisika Online untuk Mengembangkan Kemandirian dan Minat Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kalor (2013) karya Yatmono, dkk, manfaat utama chatting ialah untuk berkomunikasi jarak jauh. Karena pengguna tidak perlu bertatap muka secara langsung.

Selain berkomunikasi jarak jauh, chatting juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi tercepat, dan untuk menyebarkan informasi yang sudah diyakini kebenarannya. Dalam bidang tertentu, bisnis misalnya, chatting dapat dimanfaatkan sebagai media promosi produk.

Baca juga: Komunikasi Kantor: Definisi, Bentuk, dan Ruang Lingkup

Contoh chatting

Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat digunakan sebagai media chatting. Contohnya WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Kakao Talk, WeChat, DM (Direct Message) di Twitter serta Instagram, dan lain sebagainya.

Berikut contohnya:

Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI Contoh chatting

Contoh di atas adalah chatting lewat Facebook Messenger.

Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI Contoh chatting

Contoh di atas adalah chatting menggunakan WhatsApp.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi