Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan dan Kerugian Adanya Perusahaan Asing di Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi keuntungan dan kerugian perusahaan asing
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Perusahan asing adalah perusahaan yang sebagaian atau seluruh kepemilikan sahamnya dimiliki oleh pihak asing.

Penanaman modal perusahaan asing dapat dilakukan seluruhnya oleh pihak asing maupun patungan dengan penanam modal dalam negeri.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal Pasal 1 butir 6 disebutkan bahwa yang dimaksud dengan penanam modal asing adalah perseorangan warga negara asing, badan usaha asing, dan/atau pemerintah asing yang melakukan penanaman modal di wilayah negara Republik Indonesia.

Modal yang dimaksud adalah benda dengan nilai ekonomis baik uang dan aset lain. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak perusahaan asing. Namun, apakah keuntungan dan kerugian adanya perusahaan asing di Indonesia? 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Definisi Akuntansi Manajemen dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Keuntungan adanya perusahaan asing di Indonesia

Beberapa keuntungan atau manfaat adanya perusahaan asing di Indonesia, yaitu:

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal disebutkan bahwa untuk mempercepat pembangunan ekonomi nasional dan mewujudkan kedaulatan politik dan ekonomi Indonesia diperlukan peningkatan penanaman modal untuk mengolah potensi ekonomi menjadi kekuatan ekonomi rill dengan menggunakan modal dari dalam maupun luar negeri.

Investasi asing membuat perusahaan asing yang berdiri di wilayah Indonesia. Berdirinya perusahaan baru meningkatkan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan.

Sriyanajaka dalam Peran UKM dalam Perekonomian: Studi Kasus Kota Yogayakarta (2006) menyatakan bahwa peningkatan investasi akan meningkatkan output, kesempatan kerja, ekspor, pajak, penerimaan pemerintah, dan transaksi berjalan.

Perusahaan asing yang dibangun akan memerlukan tenaga kerja, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, perusahaan asing akan mendorong kenaikan output dan pendapatan masyarakat.

Baca juga: Pasar Valuta Asing: Konsep dan Fungsinya

Menurut Makmun dan Akhmad Yasin dalam Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja terhadap PDB Sektor Pertanian Kajian Ekonomi dan Keuangan (2003) investasi adalah kata kunci laju pertumbuhan ekonomi yang meningkatkan kesempatan kerja dan kesejahteraan masyarakat sebagai konsekuensi meningkatnya pendapatan yang ditermia oleh masyarakat.

Semakin berkembang suatu perusahaan asing, maka akan semakin banyak perusahaan tersebut menciptakan lapangan pekerjaan. Berkurangnya pengangguran akan menaikkan pendapatan perkapita masyarakat, sehingga perusahaan asing dapat disebut meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Perusahaan asing membawa teknologi dari luar negeri sehingga bisa meningkatkan perkembangan teknologi di Indonesia.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal Pasal 10 butir 4, perusahaan penanam modal yang mempekerjakan tenaga kerja asing diwajibkan menyelenggarakan pelatihan dan melakukan alih teknolohi kepada tenaga kerja warga negara Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sehingga perusahaan asing tidak hanya meningkatkan perkembangan teknologi Indonesia dengan cara membawa teknologi baru, melainkan juga menciptakan tenaga ahli baru dari teknologi yang dibawanya tersebut.

Baca juga: Kebijakan Perdagangan Internasional Bidang Ekspor dan Impor

Kerugian adanya perusahaan asing di Indonesia

Kerugian adanya perusahaan asing di Indonesia dapat dilihat sebagai berikut: 

  • Perubahan fungsi lahan

Penanam modal luar negeri mendirikan perusahaan asing di Indonesia, tentunya mengalihkan fungsi lahan tempat dibangunnya perusahaan. Misalkan yang awalnya lahan perkebunan, dialihfungsikan menjadi perusahaan industri.

Pembangunan perusahaan asing seringkali mengambil lahan hijau sebagai tempatnya berdiri. Terkadang, perusahaan juga mengalihfungsikan pemukiman warga untuk mendirikan perusahaan. Semakin banyaknya perusahaan asing, akan semakin mempersempit ketersediaan lahan di Indonesia.

  • Pencemaran lingkungan

Pembangunan perusahaan asing di wilayah Indonesia seringkali menyebabkan pencemaran. Misalnya perusahaan asing yang bergerak dalam bidang pertambangan dan industri kerap kali menyebabkan pencemaran lingkungan di sekitarnya.

Rizky W. Santosa dalam jurnal Dampak Pencemaran Lingkungan Laut oleh Perusahaan Pertambangan Terhadap Nelayan Tradisional (2013) menyebutkan gejala umum pencemaran lingkungan akibat limbah industri yang segera tampak adalah keadaan fisik suatu lingkungan.

Misalnya perubahan warna dan bau air, perubahan tanah, matinya tumbuhan di sekitar, kontaminasi hewan, hingga penyakit yang dibawanya pada manusia.

Baca juga: Asas-Asas Hubungan Internasional

  • Eksploitasi berlebihan

Keberadaan perusahaan asing diatur dalam perundang-undangan, namun dalam praktiknya kerap kali terjadi penyimpangan. Salah satu bentuk penyimpangan yang kerap terjadi adalah eksploitasi sumber daya secara berlebihan, sehingga dapat menyebabkan kerusakan alam juga kerugian.

  • Tidak sepenuhnya menikmati hasil kekayaan alam

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sumber daya alam. Keberadaan perusahaan asing, membantu Indonesia dalam mengolah kekayaan tersebut. Namun, hal tersebut membuat Indonesia tidak menikmati hasil kekayaan alam sepenuhnya.

Perusahaan asing mengambil keuntungan dari hasil kekayaan alam sesuai yang tercantum dalam perjanjian dan hukum yang mengatur. Perusahaan asing mengeksploitasi sumber daya alam dan mendapatkan beberapa bagian dari keuntungannya untuk luar negeri.

  • Mendorong perilaku konsumtif

Keberadaan perusahaan asing dengan produk yang dinilai bagu karena berasal dari luar negeri, mendorong perilaku konsumtif pada masyarakat. Keberadaan produk perusahaan asing juga kerap kali menggeser produk perusahaan dalam negeri.

Padahal produk dalam negeri juga memiliki kualitas yang bagus dan dapat bersaing dengan produk perusahaan asing.

Baca juga: Hubungan Teori Keunggulan Mutlak dengan Perdagangan Internasional

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi