Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi SMALL dan LARGE pada Microsoft Excel

Baca di App
Lihat Foto
Youtube/Excel-ID
Ilustrasi fungsi SMALL dan LARGE pada Microsoft Excel
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Microsoft excel sering digunakan untuk mengolah data berbentuk angka. Program ini diluncurkan oleh Microsoft Corporation, dan terus mengalami perkembangan fitur atau fasilitas yang ada di dalamnya.

Salah satu ciri khas excel dan program pengolah angka lainnya adalah penggunaan fungsi untuk mengolah angka. Fungsi ini dimanfaatkan untuk menghitung serta mencari hasil dari data angka yang telah dimasukkan sebelumnya ke dalam excel.

Dikutip dari buku Menguasai Formula dan Fungsi Excel 2007-2019 (2019) karya Adi Kusrianto, fungsi atau excel function merupakan formula khusus yang sering digunakan dalam perhitungan di excel. Fungsi ini dibuat untuk menyederhanakan perhitungan yang rumit dan panjang.

Cukup dengan menuliskan sejumlah fungsi, pengguna dapat langsung mengetahui hasilnya. Namun, penulisan fungsi dan datanya haruslah sudah sesuai, agar tidak terjadi kesalahan perhitungan atau hasilnya eror.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Fungsi ROUNDUP pada Microsoft Excel

Fungsi SMALL pada microsoft excel

Menurut Yudhy Wicaksono dan Solusi Kantor dalam buku Mengolah Data Statistik dengan MS Excel (2021), fungsi SMALL berguna untuk mencari tahu nilai ke-k yang paling kecil dalam sebuah rangkaian data.

Rumus fungsinya adalah:

=SMALL(array; k)

Array merupakan range data angka yang digunakan untuk mencari nilai ke-k paling kecil dalam sebuah data.

k merupakan rentang data yang ingin dicari tahu. Artinya dalam sebuah data, nilai k dimasukkan sesuai dengan nilai terkecil pertama, kedua, atau seterusnya yang ingin dicari.

Misalnya:

=SMALL(A2:A7; 1)

Angka 1 di atas menunjukkan nilai k yang ingin dicari. Artinya dalam rentang data A2 hingga A7, pengguna ingin mencari nilai terkecil pertama dalam sebuah data.

=SMALL(A2:A7; 2)

Sama seperti contoh sebelumnya, angka 2 di atas menunjukkan nilai terkecil kedua yang ingin dicari. Begitu pula selanjutnya, nilai k bisa diganti sesuai kebutuhan penggunanya.

Baca juga: Berapa Jumlah Kolom, Baris, dan Lembar Kerja pada Microsoft Excel?

Contoh:

Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI Contoh fungsi SMALL

Sebagai catatan nilai k yang dimasukkan dalam fungsi SMALL tidak boleh kurang dari nol atau lebih dari data yang ada. Misalnya jumlah data hanya 10, tetapi nilai k yang dimasukkan 12, hasilnya tidak akan muncul karena eror.

Fungsi LARGE pada microsoft excel

Berkebalikan dengan fungsi SMALL, fungsi LARGE digunakan untuk mencari nilai ke-k yang paling besar dalam sebuah rangkaian data.

Rumus fungsinya adalah:

=LARGE(array; k)

Array merujuk pada range data angka yang digunakan untuk mencari nilai ke-k yang paling besar dalam sebuah data.

k merujuk pada rentang data yang ingin dicari. Artinya dalam sebuah data, nilai k dimasukkan sesuai nilai terbesar pertama, kedua, dan selanjutnya yang ingin dicari.

Misalnya:

=LARGE(A2:A7; 1)

Angka 1 di atas menunjukkan nilai k yang ingin dicari. Artinya dalam rentang data A2 hingga A7, pengguna ingin mencari nilai terbesar pertama dalam sebuah data.

=LARGE(A2:A7; 2)

Angka 2 di atas menunjukkan nilai terbesar kedua yang ingin dicari. Begitu pula selanjutnya, nilai k bisa diganti sesuai kebutuhan penggunanya.

Baca juga: Rumus Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah pada Microsoft Excel

Contoh:

Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI Contoh fungsi LARGE

Sama seperti fungsi SMALL, harap nilai ke-k juga harus diperhatikan. Jangan sampai nilainya kurang dari nol atau melebihi data yang dimasukkan, karena hasilnya akan eror.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi