Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Sikap Bijaksana Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/katemangostar
Lingkungan Asri: Dampak menanam pohon bagi lingkungan dan orang lain.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Sikap bijaksana terhadap tumbuhan adalah sikap pandai, hati-hati, dan menggunakan akal budi terhadap tumbuhan.

Sikap bijaksana membuat manusia tidak sembarangan memperlakukan tumbuhan, mengingat betapa pentingnya peran tumbuhan bagi kehidupan di bumi.

Lalu apakah dampak sikap bijaksana terhadap tumbuhan bagi lingkungan? Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 4 mengenai dampak dari sikap bijaksana bagi lingkungan, yaitu:

Sikap bijaksana terhadap tumbuhan menghindarkan tumbuhan dari berbagai macam polutan. Sikap bijaksana membuat manusia mencegah terjadinya polusi udara, polusi air, dan juga polusi tanah, agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkurangnya polusi tersebut membuat lingkungan menjadi bersih dan asri. Belum lagi sikap bijaksana yang menanam tumbuhan dan mendukung perkembangannya membuat lingkungan asri karena teduh dan tidak gersang.

 Baca juga: Contoh Sikap Tidak Bijaksana terhadap Tumbuhan

Sikap bijaksana yang memelihara tumbuhan berdampak membuat lingkungan menjadi sejuk. Lingkungan dengan banyak tumbuhan cenderung lebih sejuk dibanding dengan lingkungan yang gersang.

Bukan hanya karena pohon memberikan tempat teduh dibawahnya tapi karena proses fotositensis dan respirasi tumbuhan.

Tumbuhan menyerap karbon dioksida untuk fotosintesis. Tanpa adanya tumbuhan, kadar karbon dioksida akan menumpuk. Dilansir dari State of the Planet, karbon dioksida menyerap energi inframerah matahari, membuatnya bergetar, dan memancarkan panas ke segala arah.

Hal tersebutlah yang menyebabkan daerah gersang memiliki suhu tinggi dan daerah penuh tumbuhan memiliki suhu yang lebih rendah (sejuk). Tumbuhan juga menghasilkan uap air dari proses respirasi yang membantu menurunkan suhu sekitarnya menjadi lebih sejuk.

Respirasi manusia dan pembakaran bahan bakar fosil melepaskan gas karbon dioksida ke udara. Tumbuhan kemudian menyerap karbon dioksida untuk fotosintesis, melepaskan oksigen sebagai produknya dan membuat udara di sekitarnya menjadi lebih bersih.

Disadur dari Thought Co, rata-rata satu pohon menghasilkan 260 pon oksigen setiap tahunnya. Sehingga dua pohon dewasa menyediakan oksigen yang cukup untuk empat orang manusia selama satu tahun.

Dampak selanjutnya dari sikap bijaksana terhadap tumbuhan adalah menjaga kelestarian tumbuhan untuk keberlangsungan kehidupan di bumi. Sikap bijaksana menjauhkan tumbuhan dari kepunahan, dan memelihara keberagaman tumbuhan di bumi.

Baca juga: Dampak Sikap Tidak Bijaksana terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan

Sehingga tumbuhan dapat menjalankan tugasnya sebagai sumber daya yang memenuhi segala macam kebutuhan manusia untuk hidup dan berkembang. Dikutip dari Mongabay, tumbuhan menyerdiakan makanan, air bersih, obat-obatan, bahan bangunan, bahkan menjaga siklus alamau seperti iklim dan juga nutrisi.

Bersikap bijaksana terhadap tumbuhan sama saja dengan menjaga kelangsungan hidup di bumi, memastikan generasi manusia selanjutnya tidak kekurangan jasa ekosistem, dan menanamkan pola pikir kepedulian ini kepada mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi