Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengatur Waktu?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi cara mengatur waktu
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Mengatur waktu bisa dilatih dan ditanamkan sejak dini. Apabila rutin dilakukan, kebiasaan mengatur waktu akan berdampak positif untuk diri sendiri serta lingkungan sekitar.

Menurut Arif Ganda Nugroho dan kawan-kawan, dalam buku Mewujudkan Kemandirian Indonesia melalui Inovasi Dunia Pendidikan (2021), mengatur waktu sangat bermanfaat bagi hal atau aktivitas yang sering dilakukan.

Sebagai contoh, mengatur waktu belajar akan membuat siswa jauh lebih disiplin dalam menyelesaikan tugas tepat waktu. Sehingga pekerjaan dan waktu belajar akan tetap terarah dan dapat dialokasikan sebaik mungkin.

Bagaimana cara mengatur waktu?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengatur waktu. Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 6 mengenai cara mengatur waktu yang dikutip dari buku 7 Formula untuk Menjadi Individu yang Sukses (2004) karya Danial Zainal Abidin serta buku Bimbingan Pribadi-Sosial, Belajar, dan Karier (2004) oleh Rudi Mulyatiningsih dan kawan-kawan, yaitu:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar bisa mengatur waktu, ada baiknya untuk mencari tahu dan menentukan terlebih dahulu hal apa yang ingin dikerjakan terlebih dahulu. Sebagai catatan, daftar hal yang akan diutamakan ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung situasi dan kondisi.

Contohnya siswa ingin mengerjakan tugas Matematika terlebih dahulu, karena waktu pengumpulannya sudah dekat.

Baca juga: Alasan Seorang Pelajar Wajib Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Setelah menentukan hal apa yang ingin dikerjakan, susunlah rencana atau daftar kegiatan selanjutnya. Tujuannya agar kegiatan yang akan dilakukan dapat menjadi lebih terarah.

Contohnya setelah menyelesaikan tugas Matematika, siswa ingin belajar mata pelajaran TIK, mengerjakan tugas IPA, dan lain sebagainya.

Agar lebih terarah, setelah menyusun daftar rencana, buatlah jadwal beserta waktunya. Hal ini dilakukan supaya tidak mudah lupa dan tetap fokus pada hal yang akan dikerjakan.

Contohnya dari pukul 07.00 hingga 12.00 waktunya belajar di sekolah, mulai dari jam 13:00-14:00 waktunya istirahat di rumah, pukul 15:00-16:00 waktunya mengerjakan tugas rumah, dan seterusnya.

Kunci kesuksesan mengatur waktu tidak hanya terletak pada jadwal yang telah disusun, melainkan juga membutuhkan sikap fokus dan niat. Tanpa kedua hal ini, rencana kegiatan yang telah dirancang tidak akan berjalan baik.

Fokus berarti tertuju pada hal yang akan diutamakan. Sedangkan niat berarti kemauan untuk melaksanakan kegiatan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Sikap Tanggung Jawab Menggunakan Televisi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi