Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ vectorpocket
Ilustrasi perkembangan komputer dari masa ke masa
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Komputer dengan teknologi canggih yang kita gunakan saat ini, tidak terlepas dari perkembangan dan inovasi yang selalu dilakukan. Dari masa ke masa, komputer terus berkembang ke model yang lebih canggih.

Menurut Moh. Fauzi dalam buku Komputer dan Internet (2018), komputer adalah perangkat elektronik yang dapat difungsikan untuk menerima, mengolah, memberi, serta menyimpan informasi atau program.

Perkembangan komputer dari masa ke masa

Dalam Buku Pintar Menguasai Komputer & Laptop (2010) karya Jarot Setyaji, perkembangan komputer tidak hanya berlangsung selama satu atau dua tahun, melainkan butuh waktu puluhan tahun.

Berikut penjelasan materi tema 3 kelas 6 mengenai perkembangan komputer dari masa ke masa, yakni:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer generasi awal mulai berkembang di tahun ini. Saat itu, komputer hanya ditujukan untuk perang. Seorang insinyur asal Jerman, Konrad Zuse mendesain pesawat terbang serta peluru kendali menggunakan komputer

Baca juga: Apa Manfaat Komputer bagi Kehidupan Masyarakat?

Dua tahun setelahnya, komputer dimanfaatkan oleh pihak Inggris untuk memecahkan berbagai kode rahasia.

Peralatan bernama transistor ditemukan. Nantinya peralatan ini akan menggantikan tube vakum dalam perangkat elektronik.

Sebuah sirkuit integrasi atau Integrated Circuit (IC) dikembangkan. Sirkuit ini memungkinkan komponen komputer saling bersatu dan dipadatkan dalam chip.

Mulai tahun 1960, para peneliti berhasil menciptakan komputer generasi kedua yang lebih canggih dibanding generasi awal. Komputer ini sukses di berbagai bidang, mulai dari pendidikan hingga bisnis atau ekonomi.

Dibuatnya Chip Intel 4004 yang memungkinkan komponen komputer diletakkan atau disimpan dalam chip berukuran sangat kecil.

Perusahaan IBM mengenalkan penggunaan Personal Computer atau PC, yang bisa digunakan di sekolah, rumah, dan kantor.

Hingga saat ini, komputer terus berkembang ke arah yang lebih canggih dan modern.

Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Bagaimana perkembangan komputer?

Pada awalnya komputer hanya digunakan untuk tujuan tertentu, seperti perang atau untuk perhitungan angka. Namun, seiring berkembangnya waktu, komputer digunakan untuk kepentingan yang lebih luas, seperti bekerja, membuat konten hiburan, untuk pendidikan dan lain sebagainya.

Selain mengalami perkembangan fungsi atau tujuan, komputer juga mengalami perkembangan bentuk fisik. Mulanya, komputer mempunyai komponen besar dan banyak, sehingga cukup menyulitkan penggunanya.

Namun, kini komputer sudah berkembang menjadi bentuk yang lebih ringkas. Contohnya dengan penggunaan chip, mouse, CPU, keyboard, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi