Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Agar tidak Terjadi Hutan Gundul

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/jcomp
Ilustrasi menanam pohon agar hutan tidak gundul
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Hutan gundul menimbulkan dampak negatif bagi manusia, makhluk hidup, serta lingkungan alam. Maka dari itu diperlukan beberapa cara pencegahan supaya tidak terjadi hutan gundul.

Penyebab utama hutan gundul adalah aktivitas manusia yang sifatnya merusak alam. Contohnya penebangan liar untuk membuka lahan atau menjual kayu secara ilegal. Hutan gundul juga dapat disebabkan oleh musim kemarau panjang atau faktor alam.

Cara agar tidak terjadi hutan gundul

Nazwa Ahada dan Anis Fuadah Zuhri dalam jurnal Menjaga Kelestarian Hutan dan Sikap Cinta Lingkungan bagi Peserta Didik MI/SD (2020), menjelaskan bahwa cara mencegah hutan gundul bisa dilakukan lewat pelestarian hutan.

Dengan tindakan tersebut, kondisi hutan gundul bisa dicegah atau diminimalisir. Sehingga kondisi lingkungan alam tetap terjaga dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi makhluk hidup.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Hutan Kota: Definisi, Manfaat, dan Bentuknya

Selain pelestarian hutan, ada beberapa cara lain yang bisa ditempuh untuk mencegah hutan gundul. Berikut penjelasan cara agar tidak terjadi hutan gundul, yang melansir dari situs Pusat Krisis Kesehatan – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:

Tebang pilih adalah sistem menebang pohon yang sudah berusia tua. Artinya pohon yang masih belum cukup umur atau masih muda tidak boleh dipotong, karena masih bisa tumbuh tinggi.

Cara lain yang dapat ditempuh agar tidak terjadi hutan gundul adalah reboisasi atau penanaman pohon. Reboisasi sebaiknya dilakukan secara rutin, khususnya setelah melakukan tebang pilih.

Salah satu penyebab utama hutan gundul adalah kebakaran hutan. Hal ini bisa dicegah dengan tidak membuka lahan secara ilegal, yakni dengan dibakar. Sebaiknya melakukan tebang pilih dan reboisasi dibanding membakar hutan.

Saran agar tidak terjadi hutan gundul

Merangkum penjelasan di atas, saran agar tidak terjadi hutan gundul adalah dengan melakukan tebang pilih, reboisasi secara rutin, serta tidak membakar hutan untuk membuka lahan.

Kesehatan dan kelestarian hutan dapat tercapai jika manusia tidak bersikap egois dan juga memperhatikan lingkungan alam.

Baca juga: Perbedaan Suaka Margasatwa, Hutan Lindung, dan Taman Nasional

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi