Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Memiliki Teman dengan Keterampilan Berbeda

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ snowing
Ilustrasi memiliki teman dengan keterampilan berbeda
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Dalam suatu lingkungan pertemanan, tidak semua teman memiliki keterampilan yang sama.

Beberapa teman memiliki keterampilan yang berbeda satu sama lain. Apa manfaat dari memiliki teman dengan keterampilan yang berbeda?

Manfaat memiliki teman dengan keterampilan berbeda adalah kita bisa belajar keterampilan yang baru. Jika dalam suatu lingkarang pertemanan, semua orang memiliki keterampilan yang berbeda. Maka, kita bisa belajar keterampilan satu-sama lain.

Manfaat memiliki teman dengan keterampilan berbeda

Manfaat lain memiliki teman dengan keterampilan berbeda adalah:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jennifer Flashman dalam jurnal Academic Achievement and Its Impact on Friend Dinamics (2012), teman memberikan dukungan dan sumber daya yang menorong proses pendidikan pada anak.

Teman dengan keterampilan berbeda dapat memiliki sumber daya dan dukungan yang dapat membantu kita untuk mengembangkan keterampilan baru.

Baca juga: Manfaat dari Memiliki Teman dengan Keterampilan yang Sama

Mempelajari keterampilan baru dari seorang teman, lebih mudah dilakukan karena berteman meningkatkan suasana hati yang baik.

Selain belajar keterampilan baru, berteman juga mengembangkan keterampilan sosial. Teman dengan keterampilan berbeda memiliki cara pandang, pola pikir, dan kebiasaan yang berbeda pula, sehingga sering terjadi perbedaan dalam persahabatan.

Perbedaan tersebut melahirkan suatu pengalaman. Gary C. Glick dan Amanda J. Rose dalam jurnal Prospective Associations Between Friendship Adjustment and Social Strategies: Friendship as a Context for Building Social Skills (2011) menyebutkan bahwa pengalaman persahabatan tersebut mengembangkan keterampilan sosial seorang anak.

Misalnya kemampuan diskusi, toleransi, memaafkan, cara menyenangkan orang lain dan diri sendiri, serta cara menyesuaikan diri dalam lingkungan sosial. Membuat anak lebih siap untuk terjun ke masyarakat.

Berteman dengan orang yang memiliki keterampilan berbeda, meningkatkan kemampuan belajar seorang anak.

Hal tersebut karena teman dengan kemampuan berbeda meningkatkan motivasi untuk belajar, memberikan suasana menyenangkan, dan memiliki ilmu yang bisa dibagikan juga bisa menyampaikannya dengan cara yang lebih mudah dipahami tanpa adanya tekanan.

Baca juga: Contoh-Contoh Kewajiban Kamu di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

Teman dengan keterampilan yang berbeda dapat mendorong kita untuk memiliki pemikiran yang terbuka.

Hal tersebut dikarenakan keterampilan yang berbeda, melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda pula. Hal tersebut melahirkan ide baru dan konsep berpikir kritis untuk memecahkan masalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi