Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan “Saling Bergantung dan Memengaruhi” serta Contoh dalam Sehari-hari

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilutsrasi contoh saling bergantung dan memengaruhi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Tiap makhluk hidup tentunya saling bergantung serta saling memengaruhi satu sama lain. Hubungan tersebut sifatnya timbal balik dan hampir terjadi setiap hari.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata bergantung diartikan sebagai sesuatu hal atau kondisi yang berkaitan pada hal lainnya. Sedangkan kata memengaruhi artinya adalah memberi pengaruh pada suatu hal.

Dalam jurnal Kajian Ekologi Sastra (Ekokritik) dalam Antologi Puisi Merupa Tanah di Ujung Timur Jawa (2018) oleh Nurul Asyifa dan Vera Soraya Putri, disebutkan bahwa antara manusia dan sesamanya, manusia dengan alam, serta alam dan lingkungan, terjadi hubungan timbal balik yang sifatnya saling bergantung dan memengaruhi.

Artinya manusia bergantung pada sesama manusia, alam, dan lingkungan. Tidak hanya bergantung, aktivitas yang dilakukan manusia juga memengaruhi manusia, alam, dan lingkungan sekitarnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maksud ‘saling bergantung dan memengaruhi’

Istilah ‘saling bergantung dan saling memengaruhi’ bisa diartikan sebagai hubungan yang saling membutuhkan satu sama lain. Artinya manusia membutuhkan manusia lainnya, membutuhkan alam, dan juga lingkungan.

Baca juga: Makna Pernyataan Keragaman Sosial Budaya Menjadi Modal Pembangunan

Hubungan yang sifatnya saling membutuhkan ini terus terjadi setiap hari. Jika salah satunya menghilang atau bermasalah, akan berpengaruh pada hal lainnya.

Berikut contoh ‘saling bergantung dan saling memengaruhi’ dalam kehidupan sehari-hari:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: KBBI Daring
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi