Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi bila Tanaman Teh Dikonsumsi Besar-Besaran?

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/jcomp
Ilustrasi tanaman teh
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Tanaman teh termasuk salah satu hasil perkebunan Indonesia. Tanaman ini sering diolah menjadi minuman teh yang sangat populer di berbagai negara di dunia.

Menurut Ratna Somantri dan Tanti K. dalam buku Kisah dan Khasiat Teh (2013), tanaman teh berasal dari keluarga Camellia. Jenis tanaman teh yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia adalah Camellia assamica.

Dalam buku Mengenal Teh Hijau (2019) karya Zuhaida Ma’rifah, perkebunan teh di Indonesia tersebar di kawasan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, hingga Bengkulu. Jawa Barat menjadi daerah penghasil teh terbesar di Indonesia.

Diperkirakan Jawa Barat menyumbang sekitar 70 persen teh produksi nasional. Selain itu, provinsi ini juga memiliki luas lahan yang cukup besar untuk perkebunan teh.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Apakah di Antartika ada Tanaman?

Mengonsumsi tanaman teh

Apa yang terjadi apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar-besaran? Mengonsumsi tanaman teh besar-besaran berarti menggunakan tanaman teh secara terus menerus, tanpa memperhatikan kelestarian tanaman tersebut.

Artinya tanaman teh terus dimanfaatkan dan digunakan dengan tidak memperhatikan faktor lingkungan. Apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar-besaran, hal ini menyebabkan kelestarian tanaman teh menjadi terganggu.

Bahkan tanaman tersebut bisa mengalami kelangkaan, dan akhirnya memengaruhi kehidupan manusia. Akibat lain dari konsumsi tanaman teh besar-besaran adalah harga tanaman dan olahannya yang meningkat tajam. Hal ini disebabkan oleh kelangkaan tanaman teh, sehingga sulit ditemui.

Jika harga tanaman teh dan olahannya meningkat tajam, pihak yang paling dirugikan adalah petani teh, produsen, dan masyarakat. Petani teh akan kesulitan menjual hasil kebunnya karena harga yang tinggi.

Produsen akan kehilangan tanaman teh sebagai bahan produksi. Masyarakat sebagai konsumen tidak akan bisa mengonsumsi teh karena kelangkaan dan harganya yang mahal.

Baca juga: Jenis-Jenis Tanaman Australia

Bila dirangkum, setidaknya ada dua hal yang akan terjadi apabila tanaman teh dikonsumsi besar-besaran, yakni:

  1. Terganggunya kelestarian tanaman teh.
  2. Harga tanaman teh dan olahannya yang meningkat tajam atau mahal.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi