Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghemat Barang-Barang agar Sumber Daya Alam Terjaga

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/pch.vector
Ilustrasi cara menjaga alam
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Sumber daya alam harus dirawat dan dijaga dengan baik. Salah satu caranya dengan menghemat penggunaan barang-barang.

Menurut Bonaraja Purba dan teman-teman dalam buku Ekonomi Sumber Daya Alam: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan (2020), sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di tanah, air, dan udara, digunakan untuk mencukupi kebutuhan manusia, baik secara langsung maupun tidak.

Cara menghemat barang-barang 

Dikutip dari buku Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak (2016) oleh Euis Kurniati, menghemat sumber daya bisa diartikan sebagai aktivitas menggunakan serta menjaga lingkungan dan benda di sekitarnya dengan tepat.

Begitu pula dengan sumber daya alam. Ketika kita menghematnya berarti kita menggunakan dan menjaga sumber daya alam dengan cara yang tepat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana cara menghemat penggunaan barang-barang agar sumber daya alam dapat terjaga keberadaanya? Gunakanlah barang-barang yang dimiliki dengan tepat dan bijak. Tepat berarti sesuai kegunaan atau kebutuhan kita, bijak berarti tidak berlebihan atau tidak boros.

Baca juga: Saran Menggunakan Pensil dengan Hemat untuk Melestarikan Lingkungan

Apabila kita tidak bijak dan kurang tepat dalam menggunakan barang-barang tersebut, ketersediaan sumber daya alam dapat berkurang, bahkan habis.

Hal ini dikarenakan hampir semua barang yang kita miliki dan gunakan setiap hari berasal dari sumber daya alam. Misalnya meja dan kursi dari kayu, perhiasan dari emas, bensin dari minyak bumi, dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh kita bisa menghemat penggunaan barang berupa pensil. Sumber daya alam yang dibutuhkan dalam pembuatan barang ini adalah kayu pohon. Walau termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui, kita tetap harus bijak dalam menggunakan pensil.

Karena jika tidak, akan ada lebih banyak pohon yang harus ditebang dan dibuat menjadi pensil yang selalu kita gunakan setiap hari.

Agar sumber daya alam dapat terjaga, kita harus menerapkan gaya hidup hemat, dan selalu bijak dalam menggunakan barang-barang yang kita miliki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi