Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/pch.vector
Ilustrasi lingkungan sekolah yang sehat
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Lingkungan sekolah yang sehat pasti membuat nyaman semua orang. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, harus ada usaha dari para murid, guru, dan juga seluruh warga sekolah.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lingkungan diartikan sebagai daerah atau kawasan yang termasuk di dalamnya. Sementara itu, sehat adalah suatu hal yang mendatangkan kebaikan pada badan.

Bisa disimpulkan, lingkungan sehat adalah kondisi daerah yang mendatangkan kebaikan pada badan, atau tidak menyebabkan masalah, baik untuk kesehatan ataupun hal lainnya.

Menurut R. Sihadi Darmo Wihardjo dan Henita Rahmayanti dalam buku Pendidikan Lingkungan Hidup (2021), lingkungan yang sehat akan menciptakan kesehatan, memberi suasana tenang, dan rasa nyaman.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maka dari itu sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk menciptakan lingkungan yang sehat, termasuk lingkungan sekolah.

Baca juga: Cara Agar Lingkungan Sehat dan Terhindar dari Bencana Alam

Lingkungan sekolah yang sehat

Mengutip dari buku Keperawatan Komunitas (2020) karya Martina Pakpahan, dkk, lingkungan sekolah yang sehat akan sangat mendukung proses belajar serta membantu siswa dan guru terhindar dari perilaku negatif.

Berikut beberapa cara menciptakan lingkungan sekolah yang sehat:

Agar lingkungan sekolah yang sehat dapat tercipta, kita harus menaati peraturan sekolah yang ada. Misalnya memakai baju seragam yang tepat sesuai jadwal.

Apabila peraturan ditaati, lingkungan sekolah yang sehat dapat tercipta. Karena semua warganya mematuhi peraturan, sehingga kondisi sekolah terasa aman, nyaman, dan tertib.

Penanaman pohon atau tanaman menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Karena udara akan terasa lebih sejuk dan terhindar dari polusi.

Baca juga: Alasan Pola Hidup Sehat Harus Dilakukan oleh Manusia

Dalam lingkungan sekolah, sangat penting untuk saling menghormati, membantu, dan saling menghargai antarteman, maupun antara murid dengan guru, atau sebaliknya.

Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah perlu dilakukan supaya kebersihan dan keasrian lingkungan tetap terjaga. Sehingga sangat aman dan nyaman untuk proses belajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: KBBI Daring
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi