Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Kamu Lakukan jika Melihat Teman Kerja Bakti?

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/jcomp
Ilustrasi kerja bakti di sekolah
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Kamu masuk ke dalam sekolah dan melihat temanmu menjalankan kerja bakti. Apa yang harus kamu lakukan? Yang harus kamu lakukan adalah menolong temanmu dan ikut serta dalam kegiatan kerja bakti tersebut.

Tidak hanya teman, tetapi kamu juga harus membantu orang lain terutama warga sekitar yang melakukan kerja bakti. Sikap saling membantu dan gotong royong tersebut harus diterapkan karena manusia adalah makhluk sosial.

Sebagai makhluk sosial, kita membutuhkan manusia lainnya untuk bisa hidup dengan baik. Menurut A. Tabi’in dalam jurnal Menumbuhkan Sikap Peduli Anak melalui Interaksi Kegiatan Sosial (2017) menyebutkan bahwa sebagai makhluk sosial manusia harus saling menghormati, mengasihi, serta peduli terhadap berbagai macam keadaan sekitarnya.

Sikap kepedulian sosial

Ikut membantu ketika melihat teman bekerja bakti adalah bentuk kepedulian sosial. Menurut Darmiyati Zuchidi Pendidikan Karakter dalam perpektif Teori dan Praktik (2011) peduli sosial merupakan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Contoh Kerja Bakti untuk Pelestarian Lingkungan

Ketika melihat teman yang sedang bekerja bakti, kita terdorong oleh kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk membantu teman kita dan masyarakat lainnya. Turut membantu dalam kerja bakti, membuat hubungan sosial kita dengan teman dan masyarakat menjadi lebih baik.

Selain menumbuhkan sikap peduli soisal, ikut kerja bakti juga mengamalkan salah satu nilai Pancasilan yaitu gotong royong. 

Menurut N. Rochmadi dalam jurnal Menjadikan Nilai Budaya Gotong-Royong sebagai Common Identity dalam Kehidupan Bertetangga Negara-negara Asean (2012), gotong royong mengandung makna kesetaraan, keadilan, kebersamaan, kepedulian, dan mengacu pada kepentingan bersama.

Oleh karena itu, membantu teman yang sedang kerja bakti merupakan perbuatan yang mulia. Dan akan membentuk pribadi kita yang peduli, bertanggung jawab, tidak egois, menghormati orang lain, dan rela berkorban demi kepentingan bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi