Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh pemakaian Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Listrik adalah salah satu sumber energi terpenting dalam kehidupan manusia. Menurut data yang didapatkan Statista, konsumsi litrik dunia diperkirakan sekitar 23.398 terawatt jam pada tahun 2018. 

Menurut The Scientific World, penemuan energi listrik menyebabkan penciptaan dan penemuan perangkat yang merevolusi zaman dan berperan penting dalam kehidupan manusia.

Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-sehari bagi manusia. Berikut adalah Contoh pemakaian listrik dalam kehidupan sehari-hari:

Penerangan

Dalam kehidupan sehari-hari listrik digunakan untuk penerangan atau penghasil cahaya. Listrik menyalakan lampu yang memberikan cahaya terang juga stabil untuk menerangi malam maupun tempat yang gelap karena tidak terkena sinar matahari.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain penerangan di rumah, listrik sebagai penerangan juga digunakan sebagai senter, lampu jalan, dan lampu kendaraan bermotor untuk menghindari kecelakaan lalu lintas di malam hari.

Baca juga: Contoh Benda Hasil Perkembangan Teknologi yang Menggunakan Listrik

Menghasilkan panas

Energi listrik digunakan untuk menghasilkan panas dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik yang dialirkan ke dalam elemen pemanas berupa kumparan konduktor dapat mengemisikan energi panas. Misalnya pemanas ruangan, kompor listrik, setrika listrik, solder, dan juga penanak nasi.

Membuang panas

Selain bisa menghasilkan panas, listrik juga bekerja sebaliknya yaitu membuang panas atau mendinginkan sesuatu. Misalnya pada pendingin ruangan atau AC. Mengutip dari How Stuff Works, AC menggunakan gas Freon untuk menyerap panas dan menurunkan udara.

Selain pada pendingin ruang, kulkas juga merupakan contoh bagaimana energi listrik membuang panas dan menjaga suatu tempat tetap dingin. Kulkas berfungsi menyimpan makanan agar tidak mudah basi.

Menghasilkan gerak

Dalam kehidupan sehari-hari, listrik juga digunakan untuk menghasilkan gerak. Energi listrik dapat diubah menjadi energi mekanik yang menghasilkan gerak. Contohnya adalah kipas angin, mobil listrik, eskalator, dan lift.

Pada alat transportasi seperti mobil motor, bus, kereta api, juga menggunakan listrik. Energi kimia dari bahan bakar alat transportasi diubah menjadi energi listrik yang kemudian diubah lagi menjadi energi mekanik sehingga alat transportasi bisa bergerak.

Baca juga: Adakah Pengaruh Listrik terhadap Globalisasi?

Peralatan medis

Hampir semua peralatan medis modern menggunakan listrik untuk dapat beroperasi. Contohnya CT-Scan, rontgen, elektrokardiograf, alat tes gula darah, MRI, ventilator mekanik, DC Shock, dan masih banyak lagi.

Sistem otomasi

Listrik merupakan sumber energi bagi sistem otomasi yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya alarm keamanan otomatis, pintu otomatis, anjungan tunai mandiri (ATM), dan juga mesin-mesin yang digunakan oleh industri dan manufaktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi