Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maksud Slogan Lawan Narkoba dengan Berprestasi

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Makna slogan lawan narkoba dengan berprestasi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Slogan bersifat persuasif atau menyampaikan pesan atau mengajak orang untuk melakukan sesuatu.

Salah satu tujuan poster adalah poster pendidikan untuk menghindari nakoba. Lawan narkoba dengan berprestasi, apa maksud slogan tersebut?

Makna slogan

Maksud dari slogan Lawan Narkoba dengan Berprestasi adalah melawan penyaebaran dan penyalahgunaan narkoba dengan cara belajar lebih giat dan berprestasi.

Karena, belajar dapat memberikan kita pengetahuan tentang narkoba sehingga tidak mudah terjerumus. Selain itu, narkoba dapat menurunkan fungsi otak, sehingga keinginan untuk berprestasi akan menjauhkan diri dari penggunaan narkoba.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Lydia Harlina dan Satya Joewana dalam buku Membantu Pemulihan Pecandu Narkoba dan Keluarganya (2006) narkoba adalah obat atau bahan atau zat, yang jika diminum, diisap, dihirup, ditelan, atau disuntikkan, berpengaruh oada kerja otak dan menyebabkan ketergantungan atau bersifat adiktif.

Baca juga: Upaya Pencegahan Diri dari Bahaya Narkoba

Ada banyak jenis narkoba termasuk golongan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Di mana masing-masing jenis memiliki bentuk, warna, dan efek yang berbeda. Sehingga pengetahuan membantu kita untuk melawan narkoba.

Sri Suryawati dan kawan-kawan dalam buku UGM Mengajar: Raih Prestasi Tanpa Narkoba (2015), menyebutkan bahwa peredaran narkoba sangatlah gencar, sehingga pelajar dan mahasiswa perlu banyak memahami apa itu narkoba, apa bahayanya, dan bagaimana peredarannya.

Anti narkoba 

Pengetahuan akan membentuk sikap yang kemudian melahirkan perilaku anti narkoba.
Semakin kita belajar dan berprestasi dalam suatu bidang baik akademis, seni, maupun olahraga, semakin kita paham bahwa narkoba.

Sehingga ketika terjadi peredaran gelap narkoba seperti ditawari obat-obatan oleh teman atau kenalan, kita akan menolaknya karena tahu kemungkinan besar obat tersebut adalah narkoba.

Berprestasi dapat melawan narkoba. Karena keinginan untuk berprestasi dapat menghindarkan kita dari segala macam hal buruk yang dapat menghambat pencapaian prestasi tersebut, termasuk narkoba.

Narkoba memengaruhi dan menurunkan fungsi otak, organ tubuh, dan psikis yang mengakibatkan penyakit dan juga gangguan perilaku tak wajar seperti ketergantungan.

Ketergantungan akan narkoba akan menghapuskan fokus seseorang ketika memperjuangkan suatu prestasi.

Baca juga: Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Narkoba

Sehingga orang yang menggunakan narkoba akan selalu ingin menggunakan zat tersebut dengan dosis yang lebih banyak dan kehilangan fokusnya pada prestasi. Oleh karena itu, keinginan untuk berprestasi bisa menjauhkan diri dari penyalahgunaan narkoba.

Dengan berprestasi juga, seseorang lebih mengetahui siapa dirinya. Direktorat Diseminasi Informasi, Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia dalam buku Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi Remaja (2012)menyebutkan dengan mengetahui siapa dirinya berarti ia dapat lebih mudah mengarahkan perilakunya untuk mencapai tujuan hidup.

Berprestasi meningkatkan harga diri

Berprestasi juga meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri. Di mana rendahnya harga diri dan ketidakpercayaan diri seringkali dijadikan alasan untuk menyalahgunakan narkoba.

Dengan harga diri dan kepercayaan diri, seseorang bisa dengan berani untuk menolak tawaran, tekanan, dan pengaruh lainnya dari teman ataupun kenalan untuk mengonsumsi narkoba.

Baca juga: Cara Menghindari Narkoba

Kebanyakan remaja menggunakan naroba karena ingin diterima oleh lingkungan sosialnya yang juga menggunakan narkoba.

Dengan berprestasi, seseorang lebih diakui karena pencapaiannya baik di bilang akademis dan non-akademis. Sehingga berprestasi dapat melawan penyalahgunaan narkoba, membangun rasa bangga dengan diri sendiri, membangun rasa tanggung jawab, dan berfokus pada tujuan atau cita-cita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi