Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kerja Sama dan Saling Ketergantungan dalam Keluarga

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ tirachardz
Ilustrasi kerja sama antarkeluarga
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Saling bergantung dan adanya kerja sama antar anggota sangat dibutuhkan dalam keluarga. Tanpa kedua hal tersebut, pekerjaan di rumah, serta peran ayah, ibu, dan anak tidak dapat berjalan baik.

Sikap saling bergantung muncul karena tiap anggota keluarga tidak bisa hidup sendiri. Sedangkan kerja sama diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah serta permasalahan yang mungkin timbul.

Menurut Riant Nugroho dan Firre An Suprapto dalam buku Kerja Sama Pemerintahan Antardesa Bagian 1: Konsep Dasar (2021), kerja sama adalah aktivitas yang dilakukan oleh dua orang atau lebih secara terpadu untuk mencapai tujuan tertentu.

Sementara itu, saling ketergantungan bisa terjadi karena manusia yang satu membutuhkan manusia yang lain guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam jurnal Pengaruh Sosialisasi dalam Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Masyarakat Desa Koto Lamo Sumatera Barat (2020) karya Rina Bastian, saling ketergantungan berarti kelangsungan hidup manusia berada dalam kondisi yang saling menguntungkan dan mendukung dalam kebersamaan.

Baca juga: Bagaimana Lembaga Keluarga Tercipta Aman dan Nyaman bagi Anggotanya?

Contoh kerja sama dan saling ketergantungan dalam keluarga

Contoh kerja sama dan saling ketergantungan dalam keluarga:

Seluruh anggota keluarga saling bergantung satu sama lain dalam membersihkan rumah. Misalnya anak membutuhkan bantuan orang tua untuk membersihkan tempat yang tinggi, dan orang tua memerlukan pertolongan anak untuk menjaga kebersihan di rumah.

Ayah, ibu, dan anak saling bergantung satu sama lain. Ayah dan ibu bisa memasak, sedangkan anak membantu orang tua memotong sayur, mencuci piring, atau membantu mengambilkan bahan makanan.

Contoh kerja sama lainnya adalah mencuci baju. Ayah, ibu, dan anak saling bekerja sama mencuci baju supaya cepat selesai.

Baca juga: Peran dan Tanggung Jawab Setiap Anggota Keluarga di Rumah

Tiap anggota keluarga bisa saling bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah, seperti merapikan kamar, merawat kebun, dan lain-lain.

Dengan kerja sama dan saling ketergantungan satu sama lain, pekerjaan di rumah akan cepat selesai, dan mempererat hubungan keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi