Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Masalah Lingkungan yang Terjadi Saat Ini?

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ frimufilms
Ilutsrasi polusi udara
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Masalah lingkungan bisa disebabkan oleh dua faktor, yakni manusia dan alam. Faktor manusia menjadi penyebab utama dari sekian banyak masalah lingkungan yang terjadi.

Saat ini, permasalahan lingkungan sudah semakin banyak dibicarakan, termasuk upaya mencari solusi atau pemecahan dari masalah tersebut.

Menurut Manik dalam buku Pengelolaan Lingkungan Hidup (2016), permasalahan lingkungan tidak hanya menjadi permasalahan di negara berkembang, melainkan juga di negara maju.

Salah satu contohnya Revolusi Industri di negara-negara Barat pada abad ke-19. Revolusi tersebut menyebabkan polusi, pencemaran udara, air, dan tanah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walau berdampak positif bagi perkembangan teknologi, revolusi industri juga menimbulkan sejumlah masalah bagi lingkungan hidup.

Baca juga: Dampak jika Manusia Hidup Tidak Selaras dengan Alam

Mengapa masalah lingkungan menjadi pembicaraan dewasa ini?

Masalah lingkungan menjadi pembicaraan dewasa ini karena permasalahan lingkungan bukan hanya menimbulkan dampak negatif bagi sebagian orang. Tetapi bagi seluruh manusia di Bumi, sehingga semakin sering dibicarakan, khususnya dalam hal mencari solusi pemecahan masalah lingkungan.

Selain karena dampaknya, permasalahan lingkungan juga semakin banyak dibicarakan karena mayoritas masalah tersebut disebabkan oleh aktivitas manusia yang tidak peduli lingkungan.

Masalah lingkungan yang terjadi saat ini

Melansir dari situs Dinas Lingkungan Hidup Kabutan Buleleng, berikut beberapa contoh masalah lingkungan yang terjadi saat ini:

Polusi menjadi salah satu masalah lingkungan yang sering terjadi saat ini. Contohnya polusi udara akibat asap kendaraan bermotor, polusi udara akibat kabut asap, polusi air karena pembuangan limbah, dan polusi tanah karena kandungan limbah yang merusak unsur hara dalam tanah.

Hutan banyak yang gundul karena sering ditebangi untuk pembukaan lahan atau pemanfaatan kayu yang berlebihan. Akibatnya pohon terus ditebangi dan akhirnya hutan gundul.

Sumber daya alam, khususnya yang tidak dapat diperbarui, seperti minyak bumi dan gas alam, terus menipis karena banyak dieksploitasi oleh manusia.

Baca juga: Cara Hidup Selaras dengan Alam dan Pengaruhnya bagi Kesehatan Manusia

Aktivitas manusia yang tidak peduli lingkungan bisa menyebabkan kepunahan flora dan fauna. Misalnya perburuan satwa secara ilegal, penebangan hutan sehingga banyak hewan yang kehilangan tempat tinggal, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi