Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mencintai Produk Dalam Negeri adalah Sikap Cinta Tanah Air

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Pertamina
Salah satu mitra binaan Pertamina kini memproduksi masker untuk bantuan covid-19.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Sikap cinta tanah air bisa ditunjukkan dengan mencintai produk dalam negeri. Artinya saat kita menggunakan produk buatan Indonesia, hal ini memperlihatkan bahwa kita bangga dan mencintai tanah air.

Mencintai produk dalam negeri berarti membeli, menggunakan, dan memanfaatkan produk buatan perusahaan atau kelompok usaha lokal Indonesia.

Siswanto dalam jurnal Mencintai Produk Dalam Negeri sebagai Manifestasi Bela Negara di Era Global (2017), menjelaskan bahwa mencintai produk dalam negeri merupakan bentuk perwujudan bela negara di era global saat ini.

Selain itu, menggunakan dan mencintai produk dalam negeri juga merupakan bentuk nasionalisme. Karena lebih mengutamakan pemakaian produk nasional atau yang dibuat di dalam negeri, dibanding produk luar negeri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Arti Mencintai Produk dalam Negeri dan Dampaknya

Alasan mencintai produk dalam negeri adalah sikap cinta tanah air

Menurut Toti Rostini dalam jurnal Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Globalisasi dan Sikap Cinta Tanah Air melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI di SDN Nagrak 02 Kecamatan Sukaraja Kabuaten Bogor (2018), cinta tanah air merupakan sikap bangga dan peduli terhadap negaranya.

Cinta tanah air adalah pemikiran, sikap, dan perbuatan yang mencerminkan kesetiaan, kepedulian, serta penghargaan yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya.

Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Setujukah dengan pernyataan tersebut?

Ya, setuju. Mencintai produk dalam negeri merupakan sikap cinta tanah air karena artinya kita bangga menggunakan produk yang dibuat di negara Indonesia.

Dengan menggunakan dan mencintai produk dalam negeri, berarti kita lebih memilih serta mengutamakan produk yang dibuat oleh perusahaan atau kelompok usaha lokal, dibanding produk buatan luar negeri.

Selain itu, mencintai produk dalam negeri juga membantu perusahaan serta kelompok usaha lokal untuk semakin maju, berkembang, dan semakin dikenal masyarakat luas. 

Baca juga: Manfaat Membeli dan Memakai Produk dalam Negeri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi