Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Perbedaan Wirausaha dengan Profesi Pekerjaan Lainnya?

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/jcomp
Ilustrasi wirausaha
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Wirausaha menjadi salah satu profesi yang banyak ditekuni saat ini. Apabila dibandingkan dengan jenis profesi lainnya, ada sejumlah perbedaan antara wirausaha dengan bentuk pekerjaan atau profesi lain.

Menurut Asnawati dalam buku Kewirausahaan: Teori dan Contoh-Contoh Rencana Bisnis (2021), dilihat dari sisi bahasanya, istilah wirausaha berasal dari kata ‘wira’ dan ‘usaha’.

Wira berarti pejuang, luhur, unggul, gagah, berani. Sedangkan usaha artinya perbuatan untuk mencapai sebuah usaha. Jadi wirausaha bisa diartikan sebagai pejuang yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.

Mengutip dari buku Kewirausahaan (2020) karya Rina Rachmawati, wirausaha adalah orang atau kelompok yang mendirikan, mengelola, serta mengembangkan kegiatan usaha atau perusahaan miliknya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wirausaha merupakan orang atau kelompok yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Semua orang bisa menjadi wirausaha, asalkan memiliki niat, kemauan, serta usaha yang keras.

Baca juga: 10 Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave

Wirausaha dengan profesi pekerjaan lainnya

Ada banyak jenis profesi pekerjaan di dunia ini, mulai dari bidang kesehatan, industri, ekonomi, politik, pendidikan, keuangan, pemerintahan, pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan tersebut sangatlah beragam, karena memiliki karakteristik serta perannya masing-masing dalam kehidupan manusia.

Apakah ada perbedaan antara wirausaha dengan profesi pekerjaan yang telah kita ketahui sebelumnya?

Tentu saja ada. Perbedaan utama antara wirausaha dengan profesi pekerjaan lainnya adalah wirausaha menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Sedangkan profesi pekerjaan lainnya tidak menciptakan lapangan pekerjaan, karena mayoritas merupakan pencari kerja atau orang yang bekerja di perusahaan milik orang lain.

Perbedaan lainnya ialah wirausaha memiliki tantangan besar untuk mengembangkan usahanya. Sedangkan tantangan dari profesi lainnya bergantung pada bidang pekerjaan yang ditekuninya.

Sebagai contoh tantangan seorang karyawan ialah berusaha naik jabatan, tantangan dokter ialah tidak membahayakan pasien, dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Karakter Wirausaha yang Kreatif dan Inovatif serta Cara Melatihnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi