Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Kegiatan Menabung

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi anak menabung.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang dan menyimpan uang tersebut untuk kebutuhan di masa depan.

Menabung merupakan hal sederhana yang memberikan banyak manfaat. Apa manfaat kegiatan menabung?

Manfaat menabung

Berikut adalah contoh-contoh manfaat kegiatan menabung dan penjelasannya:

Menyediakan dana keadaan darurat

Dalam kehidupan, tidak semua hal berjalan sesuai dengan rencana. Terkadang terjadi keadaan darurat yang tidak diduga seperti bencana alam, kehilangan pekerjaan, kecelakaan, jatuh sakit, juga hal-hal darurat lainnya yang membutuhkan biaya tidak terduga.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari BBC, menabung mempersiapkan diri untuk menghadapi keadaan darurat tersebut. Sehingga keadaan darurat tersebut dapat diselesaikan dengan dana tabungan, tanpa harus kebingungan meminta pinjaman kepada orang lain.

Baca juga: Menabung: Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Keuntungannya

Mempermudah pembelian besar di masa depan

Menabung juga mempermudah pembelian besar di masa depan seperti pembelian motor, mobil ataupun rumah. Dengan menabung, pembelian barang dalam jumlah besar akan terasa lebih mudah dan tidak terlalu memberatkan.

Mengutip dari The Balance, menabung untuk pembelian besar berarti kita tidak akan membayar biaya ekstra seperti bunga yang harus dibayar jika melakukan pembelian secara kredit.

Sehingga, menabung juga menghindarkan pembayaran bunga yang berarti bisa menghemat lebih banyak pengeluaran.

Membantu mencapai tujuan di masa depan

Sebagai seorang manusia, kita memiliki tujuan hidup berupa cita-cita dan rencana jangka panjang. Menabung membantu kita dalam mewujudkan tujuan hidup tersebut. Misalnya menabung membantu kita membayar uang kuliah di kampus idaman.

Contoh lainnya, menabung dapat membantu kita melakukan perjalanan keliling dunia yang telah menjadi tujuan hidup, membeli tiket konser penyanyi favorit kita, ataupun menyelenggarakan pernikahan idaman kita.

Baca juga: Kalau Kamu Punya Tabungan, Akan Kamu Pergunakan Untuk Apa?

Membuat bahagia

Menabung artinya memiliki sejumlah uang cadangan dan menghindarkan seseorang dari hutan. Menyadur dari Harvard Business Review, orang yang memiliki tabungan dan tidak punya hutan menunjukkan kepuasan hidup 15 persen lebih tinggi.

Hal ini karena, orang yang memiliki tabungan cenderung merasa lebih tenang karena merasa memiliki simpanan uang dan juga tidak memiliki hutang. Sehingga, menabung dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Mengajarkan kedisiplinan

Kedisiplinan merupakan sikap yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan dan kesuksesan hidup. Menabung bukanlah hal yang mudah karena kita harus menyisihkan uang dan mengesampingkan keinginan membeli barang-barang yang tidak perlu.

Menabung merupakan kebiasaan yang harus diterapkan dengan sungguh-sungguh. Sehingga, menabung dapat mengajarkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Hubungan Fungsi Konsumsi dan Fungsi Tabungan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: BBC, Harvard Business Review, The Balance
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi