Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud Pahlawan?

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ YusufSangdes
Ilustrasi pahlawan Indonesia
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Pahlawan merupakan sebutan bagi mereka yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara. Pahlawan tidak hanya mengorbankan waktu dan tenaga, namun juga rela mengorbankan nyawanya demi kepentingan bangsa serta negara.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pahlawan?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pahlawan dimaknai sebagai orang yang menonjol karena keberanian serta pengorbanannya dalam membela kebenaran. Pahlawan adalah pejuang yang gagah berani.

Dalam membela kebenaran, pahlawan harus mengorbankan tenaga, pemikiran, waktu, bahkan nyawa. Pahlawan tidak berjuang untuk kepentingannya sendiri, melainkan untuk kepentingan masyarakat, bangsa, serta negara.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Dampak Positif Perjuangan Pahlawan bagi Kedaulatan NKRI

Nilai-nilai yang dimiliki seorang pahlawan

Dalam ARSIP (Media Kearsipan Nasional): Nilai-Nilai Kepahlawanan (2014) yang diterbitkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia, ada beberapa nilai yang ahrus dimiliki seorang pahlawan, yakni:

Artinya pahlawan rela mengorbankan apa saja yang dimilikinya untuk membela kebenaran.

Artinya pahlawan berkorban dan berjuang dengan mengutamakan kepentingan orang banyak, seperti masyarakat, bangsa, dan negara. Pahlawan tidak boleh egois atau mengutamakan kepentingannya sendiri.

Artinya pahlawan tidak boleh mudah menyerah terhadap situasi atau kondisi yang sedang dihadapinya saat ini. Pahlawan harus tetap berusaha semampu mungkin untuk membela serta memperjuangkan kebenaran.

Baca juga: Cara Menghargai Jasa Pahlawan dan Meneladani Sikapnya

Artinya seorang pahlawan haruslah punya sikap cinta tanah air. Karena yang diperjuangkannya adalah bangsa dan negaranya sendiri.

Artinya seorang pahlawan harus berjuang dengan ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan, seperti uang atau pujian dari orang lain.

Nilai-nilai tersebut harus kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dengan mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri, serta menanamkan cinta tanah air.

Dengan menerapkan nilai-nilai yang dimiliki pahlawan, kita bisa menjadi manusia yang tangguh. Selain itu, kehidupan masyarakat akan menjadi lebih tentram, damai, aman, serta terhindar dari konflik yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: KBBI Daring
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi