Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Terjadinya Palung Jawa

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi proses terjadinya palung Jawa
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Palung Jawa terbentuk akibat tumbukan antara lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia. Selain membentuk Palung Jawa, tumbukan kedua lempeng ini juga menghasilkan gugusan gunung api di wilayah Sumatera dan Jawa.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Palung Jawa atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Java Trench, membentang sekitar dua ribu mil atau sekitar 3.200 kilometer di busur barat laut-tenggara sepanjang kepulauan Indonesia.

Letak palung ini diperkirakan berada di 305 kilometer lepas pantai barat daya pulau Sumatera dan Jawa, kemudian membentang ke timur selatan Kepulauan Sunda Kecil bagian barat.

Diperkirakan kedalaman Palung Jawa sekitar enam kilometer di sepanjang pulau Jawa. Bagian lebih dangkal berada di barat laut palung ini, akibat sedimen yang diendapkan oleh arus kekeruhan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 4 Jenis Terbentuknya Gunung beserta Contohnya

Proses terjadinya Palung Jawa

Dikutip dari situs Encyclopedia, Palung Jawa merupakan palung samudra yang menandai tepi luar dan dalam zona subduksi (tempat pembenturan zona bumi) Hindia Timur.

Saat proses pembentukannya, lempeng Indo-Australia bergerak ke utara dan akhirnya bertabrakan dengan lempeng Eurasia. Akibatnya, lempeng Indo-Australia menunjam di bawah lempeng Eurasia, dan menimbulkan palung laut di selatan pulau Jawa.

Menurut Avrilina Luthfil Hadi, dkk dalam jurnal Analisa Kecepatan Pergeseran di Wilayah Jawa Tengah Bagian Selatan Menggunakan GPS-CORS Tahun 2013-2015 (2016), tabrakan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia bisa terjadi karena perbedaan sifat kedua lempeng tersebut.

Lempeng Indo-Australia sifatnya lentur, sedangkan lempeng Eurasia kaku. Akibatnya, kedua lempeng tersebut bertabrakan dan menimbulkan daerah cekungan (basin) serta palung (trench) di sekitar zona tersebut. Salah satunya Palung Jawa atau Java Trench.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi