Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak jika Balaputradewa Tidak Memimpin Sriwijaya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi dampak Balaputradewa tidak memimpin
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Balaputradewa merupakan salah satu raja yang pernah memimpin Kerajaan Sriwijaya. Pada masa kepemimpinannya, Sriwijaya berhasil mencapai masa kejayaannya.

Selain itu, Sriwijaya juga berkembang dengan sangat pesat, bahkan termasuk dalam salah satu kerajaan besar di Indonesia.

Mengutip dari buku Sejarah Nasional Indonesia: Masa Prasejarah Sampai Masa Proklamasi Kemerdekaan (2007) karya M. Junaedi Al Ashori, saat Balaputradewa memimpin Sriwijaya, kerajaan ini menjadi kerajaan maritim, serta pusat perdagangan di Nusantara dan Asia.

Sriwijaya juga menjadi pusat pendidikan dan penyebaran agama Buddha. Tidak hanya itu, perekonomian dan kebudayaan di kerajaan ini juga ikut mengalami kemajuan yang pesat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Mahadewa Adi Seta dalam buku Mengenal Kerajaan-Kerjaan Besar Nusantara (2018), di bawah pemerintahan Balaputradewa, Sriwijaya berhasil menguasai jalur perdagangan laut di kawasan Asia Tenggara,

Kerajaan Sriwijaya juga menguasai beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa dan Sumatra, serta wilayah Semenanjung Malaya, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Filipina.

Baca juga: Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya, Jawaban Soal TVRI SMA 16 September

Dampak jika Balaputradewa tidak memimpin

Puncak kejayaan Kerajaan Sriwijaya terjadi saat Balaputradewa memimpin. Berbagai bidang kehidupan, seperti ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan, sangat berkembang pesat di bawah kepemimpinannya.

Jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya, kerajaan ini tidak akan mencapai puncak kejayaannya. Sriwijaya tidak akan dikenal luas sebagai kerajaan maritim dan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia.

Kerajaan Sriwijaya juga akan menjadi kerajaan yang tertutup dari dunia luar, karena tidak adanya perkembangan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Hal lain yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya adalah bidang kehidupan masyarakat saat itu, seperti ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan, akan cukup sulit berkembang atau tidak tercapai.

Contohnya dalam bidang ekonomi, pendapatan kerajaan dan masyarakat akan berkurang karena tidak adanya pedagang yang singgah di sekitar jalur perairan Kerajaan Sriwijaya.

Baca juga: Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Maritim Terbesar di Nusantara

Jika disimpulkan, ada tiga hal yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya, yaitu:

  1. Kerajaan Sriwijaya tidak akan dikenal luas sebagai kerajaan maritim.
  2. Kerajaan Sriwijaya akan menjadi kerajaan yang tertutup dari dunia luar.
  3. Kehidupan masyarakat akan sulit berkembang atau mengalami kemajuan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi