Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Komoditas dan Jenisnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/pch.vector
Ilustrasi pengertian komoditas
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Dalam perdagangan, kita kerap kali mendengar komoditas. Ada komoditas ekspor, komoditas impor, dan juga komoditas unggulan. Tahukah kamu mengenai pengertian komoditas?

Pengertian komoditas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komoditas adalah barang dagangan utama, benda niaga, atau bajan mentah yang dapat digolongkan menurut mutunya sesuai dengan standar perdagangan internasional.

Menurut Widji Anarsis dalam buku berjudul Agribisnis Komoditas Salak (2009), komoditas adalah hal sangat kuat yang berjautan dengan barang dan produk. Sehingga komoditas adalah suatu produk yang memiliki nilai guna, nilai tukar, dan juga harga.

Komoditas unggulan

Menurut Badan Litbang Pertanian dalam Panduan Umum: Pelaksanaan Pengkajian dan Program Informasi, Komunikasi, dan Desiminasi BPTP (2003), komoditas unggulan merupakan komoditas andalan yang memiliki posisi strategis untuk dikembangkan berdasarkan pertimbangan dari segala aspek.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehingga komoditas unggulan adalah jenis komoditas yang memiliki keunggulan berupa hasil produksi yang besar, permintaan yang besar, dan juga nilai yang tinggi baik di pasar nasional maupun internasional.

Baca juga: 10 Komoditas Unggulan Indonesia

Jenis-jenis komoditas

Komoditas unggulan suatu negara atau suatu daerah bisa datang dari jenis apa saja. Berikut adalah jenis-jenis komoditas:

Komoditas energi

Komoditas energi adalah jenis komoditas yang menghasilkan produk berupa sumber energi atau bahan bakar. Misalnya batu bara, minyak bumi, dan juga gas alam.

Komoditas tambang mineral

Menurut Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2017 tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral Melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Mineral di Dalam Negeri, komoditas tambang mineral terdiri atas komoditas tambang mineral logam, mineral bukan logam, dan juga batuan.

Contoh komoditas tambang mineral logam adalah tembaga, nikel, bauksit, besi, timah, mangan, timbal, seng, emas, perak, kromium, dan zirkonium.

Sedangkan komoditas tambang mineral bukan logam berupa zirkon, kaolin, lempung, zeolite, bentonit, silika atau pasir kuarsa, batu kapur atau gamping, feldspar, dan juga intan.
Contoh komoditas tambang batuan adalah marmer, granit, onik, opal, giok, agat, garnet, basalt, dan obsidian.

Baca juga: Contoh Komoditas Migas Indonesia yang Diekspor

Komoditas pertanian

Komoditas pertanian dibagi menjadi beberapa jenis komoditas yaitu komoditas tanaman pangan, komoditas perkebunan, komoditas perikanan, komoditas peternakan, komoditas kehutanan, dan komoditas holtikultura. Berikut contohnya:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi