Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Setiap Usaha Bertujuan untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat?

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Phonlamai Photo
Ilustrasi perempuan pelaku UMKM.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Usaha merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), usaha adalah kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai maksud atau tujuan tertentu. Usaha juga dapat diartikan sebagai kegiatan di bidang perdagangan, dengan maksud mencari keuntungan.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, usaha dilakukan lewat kegiatan ekonomi. Mengutip dari buku Pelaku Kegiatan Ekonomi (2019) karya T. Puji Rahayu, kegiatan ekonomi merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Orang yang melakukan kegiatan ekonomi disebut pelaku ekonomi, terdiri atas produsen, distributor, dan konsumen. Setiap orang memainkan perannya masing-masing sebagai pelaku ekonomi tergantung jenis kebutuhannya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Hubungan Usaha Agen Koran dengan Usaha Lainnya

Tiap usaha bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

Setiap usaha yang dijalankan oleh masyarakat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Tanpa usaha atau kegiatan usaha, kebutuhan hidup akan susah didapat karena tidak ada yang berperan untuk mengolah, memanfaatkan, serta mendistribusikan kebutuhan.

Contoh usaha yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

Setiap usaha yang ada bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena manusia tidak bisa menggantungkan hidup kepada dirinya sendiri, sehingga membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Salah satunya lewat usaha dan kegiatan ekonomi.

Beberapa contohnya adalah usaha peternakan, usaha perikanan, usaha makanan dan minuman, usaha perdagangan, dan masih banyak lagi. Usaha-usaha ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Alasan Antarpemilik Usaha Harus Memiliki Rasa Persatuan

Misalnya usaha peternakan menghasilkan daging sapi dan telur ayam yang bisa dimanfaatkan manusia. Contoh lainnya usaha perdagangan yang bisa memperjual belikan pakaian, bahan makanan, dan sebagainya.

Walau begitu, usaha juga punya tujuan lain, yakni mendapatkan keuntungan. Dari hasil keuntungan yang didapat, para pemilik usaha bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, sama seperti masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi