Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat dari Benda Gerabah

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ master1305
Ilustrasi manfaat gerabah
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Benda gerabah memiliki nilai keindahan dan nilai guna. Nilai keindahan berarti sebagai hiasan. Sedangkan nilai guna artinya bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut I Wayan Mudra dalam buku Gerabah Bali (2019), gerabah adalah benda yang terbuat dari tanah liat yang dibakar pada suhu 800 sampai 900º Celcius, umumnya berwarna merah mirip genteng dan bata.

Masyarakat Indonesia banyak yang mengenal gerabah dengan istilah keramik tradisional, sebagai salah satu kegiatan masyarakat yang dilakukan secara turun temurun.

Manfaat dari benda gerabah

Mengutip buku Reproduksi Gerabah Serang Banten di Bali (2018) karya I Wayan Mudra, pada awal kemunculannya, benda gerabah banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Contohnya sebagai wadah tempat penyimpanan air.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun, seiring berjalannya waktu, benda gerabah tidak hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup, melainkan juga sebagai karya seni.

Baca juga: Teknik Pembuatan Gerabah

Dalam bidang seni, benda gerabah dimanfaatkan sebagai hiasan supaya terlihat indah. Misalnya patung dari gerabah, guci dari gerabah, dan sebagainya.

Selain itu, benda gerabah juga sering dimanfaatkan dalam perayaan upacara keagamaan atau adat. Contohnya dalam upacara agama Hindu, benda gerabah sering dimanfaatkan sebagai tempayan, gentong tempat air, tempat perapia, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi