Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Diperlukan Seseorang untuk Menjalankan Usaha?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi menjalankan usaha
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Menjadi seorang wirausaha dan memiliki usaha sendiri adalah impian banyak orang. Namun, apa saja yang diperlukan seseorang untuk menjalankan sebuah usaha? Berikut adalah hal-hal yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha agar sukses:

Pengetahuan

Untuk menjalankan suatu usaha diperlukan pengetahuan. Pengetahuan bisa didapat dari riset pasar. Dikutip dari U.S. Small Business Administration, riset pasar memberi tahu jika ada peluang untuk mengubah ide menjadi bisnis yang sukses.

Riset pasar memberikan pengetahuan tentang keadaan dan minat pasar, pesaing yang ada, peluang, dan juga risiko menjalankan usaha. Pengetahuan juga bisa didapat dari belajar baik secara mandiri, maupun dari pengalaman orang lain.

Perencanaan usaha

Hal yang diperlukan seseorang untuk menjalankan usaha selanjutnya adalah perencanaan usaha.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang wirausaha harus bisa merancang bisnisnya berdasarkan tujuan usahanya dan pengetahuan yang didapatnya. Perancangan usaha digunakan sebagai dasar untuk menjalankan usaha agar tujuan bisa tercapai.

Baca juga: Benarkah Setiap Usaha Bertujuan untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat?

Kreativitas dan inovasi

Untuk menjalankan usaha dibutuhkan kreativitas dan inovasi. Kreativitas dan inovasi dapat melahirkan suatu produk usaha yang unik, berbeda dari pesaing, dan juga menarik minat calon pembeli.

Dengan kreativitas dan inovasi, suatu usaha bisa mencapai target penjualan dan mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan yang ketat.

Sumber daya dan pendanaan

Untuk menjalankan usaha dibutuhkan sumber daya dan juga pendanaan atau modal. Sumber daya dapat berupa tenaga kerja, peralatan, bahan baku, dan juga tempat usaha yang biasa diakses oleh modal.

Penting untuk dapat mengatur keuangan agar penggunaan dana dan sumber daya efektif dan tidak merugikan usaha.

Baca juga: Hubungan Usaha Agen Koran dengan Usaha Lainnya

Keterampilan

Untuk menjalankan usaha, seseorang harus memiliki keterampilan kewirausahaan. Menjalankan suatu usaha, artinya seseorang harus mengelola usaha tersebut secara keseluruhan dari mulai pengalokasian sumber daya, dana, pengaturan sistem kerja, pemasaran, hingga cara memimpin usaha dengan baik.

Oleh karena itu, seorang wirausaha harus memiliki keterampilan. Dilansir dari Harvard Business School Online, keterampilan penting yang harus dimiliki wirausaha adalah keterampilan komunikasi, organisasi, manajemen waktu, pengambilan keputusan berdasarkan data, pemikiran strategis, dan dasar-dasar akuntansi.

Konsistensi

Menyadur dari Investopedia, konsisten adalah komponen kunci untuk menghasilkan uang dalam usaha. Untuk menjalankan usaha, kita harus membentuk kebiasaan positif dan mengelola usaha secara konsisten dan disiplin.

Baca juga: Alasan Antarpemilik Usaha Harus Memiliki Rasa Persatuan

Kegigihan

Hal lain yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha adalah kegigihan dan semangat. Konsistensi tidak bisa dijalankan tanpa danya kegigihan dan semangat. Apalagi, usaha baru rentan mengalami kegagalan terutama di tahun-tahun pertama.

Seorang wirausaha harus gigih untuk kembali bangkit dari kegagalan yang dialaminya, dan tidak mudah menyerah begitu saja.

Jaringan sosial

Untuk menjalankan usaha dibutuhkan jaringan sosial yang luas. Seorang wirausaha harus membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak untuk memperluas jaringan sosialnya dan mendapatkan kemudahan untuk usahanya. Pihak-pihak tersebut adalah rekan kerja, pemasok bahan baku, distributor, dan juga pembeli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi