Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Saling Ketergantungan Dalam Wirausaha untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com
Ilustrasi wirausaha
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Sikap saling ketergantungan juga terjadi dalam wirausaha. Sikap ini sangat menguntungkan masyarakat dan negara karena bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian bangsa.

Sikap saling ketergantungan bisa diartikan sebagai sikap saling mendukung atau membantu, dan saling berhubungan (berinteraksi) antarsesama manusia.

Dikutip dari buku Manajemen Kewirausahaan (2020) karya Kurnia Dewi, pengertian wirausaha adalah orang yang berani dan secara mandiri mampu mengelola sumber daya yang ada, guna menciptakan suatu produk bernilai tinggi, dengan segala risiko yang akan dihadapinya.

Makna saling ketergantungan 

Menurut Muhammad Budyatna dalam buku Teori-Teori Mengenai Komunikasi Antarpribadi (2015), sikap saling ketergantungan mendorong manusia berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingannya sendiri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena manusia tidak bisa hidup sendiri dan senantiasa memerlukan bantuan atau berinteraksi dengan orang lain, guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Cara Memperluas Wawasan dan Kreativitas dalam Hal Wirausaha

Makna saling ketergantungan dalam wirausaha

Makna saling ketergantungan dalam wirausaha untuk pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia adalah antara wirausaha yang satu dan yang lain saling bekerja sama, mendukung atau membantu, dan berinteraksi (berhubungan) guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Artinya antarwirausaha haruslah saling mendukung dan bekerja sama dalam menjalankan kegiatan ekonominya. Karena wirausaha juga tidak dapat bertahan sendiri atau membutuhkan bantuan wirausaha lainnya.

Sebagai contoh, wirausaha pembuat makanan membutuhkan wirausaha lainnya, seperti wirausaha peternakan, wirausaha perikanan, dan lain sebagainya.

Dengan menumbuhkan sikap saling ketergantungan dalam wirausaha, pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia dapat semakin meningkat dan berkembang pesat.

Karena antarwirausaha saling membantu untuk meningkatkan perekonomiannya sendiri, dan masyarakat luas. Sehingga berpengaruh pula pada pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia.

Baca juga: Manfaat Melakukan Wirausaha Sejak Kecil

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi