Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Mengenai Saling Ketergantungan dalam Membangun Kehidupan Kebangsaan

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock.com
Definisi bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Saling ketergantungan adalah sikap saling membutuhkan antarmanusia. Karena tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa berhubungan dengan orang lain.

Menurut Akhmad Sobarna, dkk dalam buku Sosiologi Olahraga: Teori, Konsep, dan Aplikasi Praktis (2020), sikap saling ketergantungan antarmanusia terjadi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sebagai contoh, sikap saling ketergantungan antara pedagang sayur dan pembeli. Pedagang sayur membutuhkan pembeli agar mendapatkan uang, sedangkan pembeli membutuhkan pedagang sayur untuk mendapatkan bahan makanan.

Dalam buku Teori-Teori Mengenai Komunikasi Antar-Pribadi (2015) karya Muhammad Budyatna, dijelaskan bahwa sikap saling ketergantungan membuat manusia saling berhubungan (berinteraksi) dan saling membantu satu sama lain.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Bela Negara: Arti dan Penerapannya

Makna ketergantungan membangun kehidupan kebangsaan

Apa yang dimaksud dengan saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan?

Saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan maksudnya adalah seluruh masyarakat dalam satu negara harus saling berhubungan, serta membantu atau mendukung satu sama lain, guna membangun kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik.

Dengan saling berhubungan, masyarakat akan menjalin interaksi tanpa memperhatikan latar belakang yang berbeda. Sementara itu, saling membantu atau mendukung artinya masyarakat mengesampingkan kepentingan diri sendiri, dan mengutamakan kepentingan orang banyak.

Sikap saling ketergantungan bisa dilatih dan dikembangkan mulai dari lingkungan keluarga. Misalnya anak membantu orang tua membersihkan rumah, dan orang tua membantu anak mengerjakan tugas sekolah.

Selain lingkungan keluarga, sikap saling ketergantungan juga bisa dilatih di lingkungan masyarakat umum. Contohnya ikut kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar rumah, membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Bela Negara: Definisi dan Dasar Hukum

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi