Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya dalam Rangka Modernisasi

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrrasi perubahan sosial budaya
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Perubahan sosial budaya bisa dimaknai sebagai perubahan yang muncul dalam struktur dan hubungan sosial, serta unsur-unsur kebudayaan di masyarakat.

Ada beberapa jenis perubahan sosial budaya, seperti evolusi (perubahan dalam jangka waktu lama), revolusi (perubahan secara cepat), serta perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan.

Sebagaimana dikutip dari Buku Ajar Kebijakan dan Permasalahan Pendidikan (2021) karya Emilda Sulasmi, Selo Soemardjan mengartikan perubahan sosial budaya sebagai semua perubahan yang terjadi pada lembaga masyarakat, yang mana perubahan tersebut memengaruhi sistem sosialnya.

Dampak negatif perubahan sosial budaya 

Berikut ini merupakan dampak negatif perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi yaitu penurunan nilai moral bangsa. Karena modernisasi dan perubahan sosial budaya membuat masyarakat lebih mudah menerima pengaruh dari luar negeri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh itu ada yang sifatnya positif, ada pula yang negatif. Apabila tidak disikapi dengan baik, pengaruh negatif tersebut bisa menyebabkan penurunan nilai moral bangsa.

Baca juga: Manfaat Kerja Sama Sosial Budaya Bagi Negara Asean

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut ini beberapa dampak negatif perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi, yaitu:

Modernisasi mengubah pola pikir dan gaya hidup masyarakat menjadi lebih modern. Hal ini didapat dari pengaruh pemikiran dan gaya hidup modern. Jika kedua hal itu tidak sesuai dengan jati diri bangsa, masyarakat bisa kehilangan rasa nasionalisnya.

Terjadinya kesenjangan sosial ekonomi disebabkan oleh tidak meratanya pembangunan dan modernisasi. Akibatnya timbul kelompok kaya dan kelompok miskin dalam masyarakat.

Kriminalitas muncul karena perbedaan kekayaan atau perbedaan lainnya. Modernisasi yang bisa menimbulkan kesejangan sosial ekonomi, juga dapat memunculkan kriminalitas di lingkungan masyarakat.

Dampak negatif lainnya ialah sikap konsumtif. Modernisasi tidak hanya mengubah pemikiran masyarakat, namun juga gaya hidup menjadi lebih modern. Akibatnya, masyarakat berusaha memenuhi gaya hidupnya dengan banyak membeli barang atau menggunakan jasa, sehingga memunculkan sikap konsumtif.

Baca juga: Manfaat dari Pembangunan Sosial Budaya Lain bagi Masyarakat Setempat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Kemdikbud
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi