Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh-Contoh Diksi Pendeskripsian Hewan

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi diksi pendeskripsian hewan
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com – Hewan merupakan makhluk hidup yang sangat beragam. Untuk menjelaskan tentang suatu hewan, kita harus mendeskripsikannya. Misalnya, soal pilihan berikut yang merupakan diksi pendeskripsian hewan adalah:

  1. Gemuk, besar, dan rakus
  2. Daging, ringan, dan bergizi
  3. Halaman, gersang, dan kering

Dari pilihan di atas, diksi yang paling tepat untuk mendeskripsikan hewan adalah pilihan a yaitu gemuk, besar, dan rakus. Mengapa seperti itu? 

Pengertian diksi dan deskripsi

Menurut Widyamartaya dalam buku berjudul Diksi dan Ketepatan Pilihan Kata (1990) diksi atau pilihan kata adalah kemampuan seseorang membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikannya.

Adapun deskripsi menurut Kundharu Saddhono dalam buku Keterampilan Berbahasa Menulis karangan Deskripsi (2019), deskripsi bertujuan memberikan kesan atau impresi kepada pembaca terhadap obyek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan oleh penulis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehingga, disksi pendeskripsi hewan merupakan suatu kata yang dapat mendeskripsikan hewan tertentu. Kata “gemuk, besar, dan rakus” merupakan kata sifat yang dapat mendeskripsikan hewan.

Baca juga: Struktur Teks Deskripsi

Sementara kata “daging” adalah kata benda yang tidak dapat mendeskripsikan hewan. Daging merujuk kepada bagian tubuh makhluk hidup.

Adapun kata “gersang dan kering” merupakan kata sifat yang merujuk pada keadaan suatu lingkungan ataupun habitat tinggal, bukannya mendeskripsikan hewan.

Contoh diksi pendeskripsian hewan 

Misalkan hewan harimau, contoh diksi pendeskripsiannya adalah besar, buas, kuat, dan agresif. Ataupun misalnya kanguru dapat dideskripsikan dengan kata-kata pandai melompat, berkantung, dan juga kuat.

Sehingga, diksi pendeskripsian hewan merupakan pilihan kata yang dapat mendeskripsikan sifat maupun ciri fisik hewan tertentu.

Diksi pendeskripsian hewan kemudian dapat dimasukkan ke dalam kalimat deskripsi hewan sebagai berikut:

Baca juga: Deskripsi Pekerjaan sebagai Nelayan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi