Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Konsep Perubahan dan Keberlanjutan Bernegara

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasu perubahan dan keberlanjutan bernegara
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Konsep perubahan dan keberlanjutan bernegara diperlukan agar sebuah negara bisa berkembang. Perubahan ini diharapkan bisa memberi dampak positif bagi masyarakat dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), perubahan adalah ketidaksamaan suatu keadaan atau kondisi dari waktu ke waktu. Perubahan bisa mengarah ke hal lebih baik, namun ada pula yang ke arah lebih buruk.

Perubahan ke arah lebih baik akan memberi dampak positif bagi kehidupan bernegara. Sedangkan, perubahan ke arah lebih buruk akan memberi dampak negatif.

Contoh konsep perubahan dan keberlanjutan bernegara

Berikut penjelasan mengenai konsep perubahan dan keberlanjutan bernegara, yaitu:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan

Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara merupakan pembangunan. Karena pembangunan dilakukan secara berkesinambungan atau berkelanjutan, dan menghasilkan sejumlah perubahan positif dalam kehidupan bernegara.

Baca juga: Peraturan Pelaksanaan Kekuasaan, Tugas, dan Wewenang Lembaga Negara

Menurut Bonaraja Purba, dkk dalam buku Ekonomi Pembangunan (2021), pembangunan adalah proses perubahan secara terus menerus untuk menghasilkan perbaikan di segala bidang kehidupan masyarakat.

Misalnya, pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang dilakukan secara berkesinambungan dalam seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mewujudkan pembangunan nasional.

Contohnya pembangunan infrastruktur, berupa jembatan dan jalan, serta fasilitas umum untuk masyarakat Indonesia.

Reformasi

Selain pembangunan, reformasi juga masuk dalam contoh konsep perubahan dan keberlanjutan bernegara.

Karena reformasi merupakan perubahan yang memperlihatkan proses keberlanjutan dalam kehidupan bernegara. Artinya reformasi menghasilkan perubahan keadaan atau kondisi kehidupan yang berlangsung lama.

Baca juga: Daftar Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia

Mengutip dari buku Pendidikan Pancasila: Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa (2006) karya Pandji Setijo, reformasi adalah perubahan atau perbaikan kehidupan berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik.

Reformasi dilaksanakan dengan melakukan sejumlah perbaikan di bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, politik, maupun pertahanan dan keamanan. Harapannya reformasi bisa membawa perbaikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Kemdikbud
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi