Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Jurnalistik dan Jurnalisme?

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI
Ilustrasi
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Jurnalistik dan jurnalisme sama-sama berasal dari kata jurnal, yang berarti catatan harian tentang kejadian sehari-hari.

Istilah jurnalistik dan jurnalisme sering disamakan karena kemiripan istilahnya. Namun, ada yang beranggapan bahwa kata jurnalistik dan jurnalisme itu berbeda.

Benarkah istilah jurnalistik dan jurnalisme itu berbeda?

Pengertian jurnalistik dan jurnalisme

Pengertian dari jurnalistik dan jurnalisme sebagai berikut:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian jurnalistik

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalistik diartikan sebagai segala sesuatu yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran. Jurnalistik juga berarti seni kejuruan yang bersangkutan dengan pemberitaan serta persuratkabaran.

Mengutip dari buku 4 Pilar Jurnalistik: Pengetahuan Dasar Belajar Jurnalistik (2018) karya Azwar, jurnalistik berasal dari istilah Belanda, yakni journalistiek, berarti penulisan dan penyampaian berita kepada publik lewat saluran media tertentu.

Baca juga: Jurnalistik: Pengertian dan Karakteristiknya

Pengertian jurnalisme

Dilansir dari KBBI, jurnalisme adalah pekerjaan mengumpulkan serta menulis berita di media massa cetak atau elektronik; kewartawanan.

Menurut Asti Musman dan Nadi Mulyadi dalam buku Jurnalisme Dasar: Panduan Praktis Para Jurnalis (2017), jurnalisme adalah keseluruhan proses pengumpulan fakta, penulisan, penyuntingan, serta penyampaian berita.

Kata lainnya, jurnalisme adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan penyampaian berita, mulai dari pengumpulan fakta, penulisan, hingga proses penyuntingan berita.

Jurnalistik dan jurnalisme hanya berbeda istilah

Teddy Khumaedi dalam buku Jurnalistik Dasar: Trik Menulis Artikel Opini di Media Cetak & Online bagi Mahasiswa dan Pelajar (2020), kata jurnalistik selalu berkaitan dengan kewartawanan dan persuratkabaran.

Sedangkan jurnalisme artinya pekerjaan mengumpulkan fakta, menulis, mencari, menyunting, serta menerbitkan berita di surat kabar. Istilah jurnalisme sering juga disebut kewartawanan.

Baca juga: Kode Etik Jurnalistik: Definisi dan Isinya

Sebenarnya, antara jurnalistik dan jurnalisme tidak punya perbedaan makna. Karena keduanya sama-sama berkaitan dengan kewartawanan atau proses produksi berita.

Perbedaan keduanya terletak pada istilahnya saja. Jurnalistik terdiri dari kata ‘jurnal’ berarti catatan sehari-hari, dan ‘istik’ artinya ‘hal ihwal’ atau ‘yang berkaitan dengan...’.

Sementara jurnalisme berasal dari kata ‘jurnal’ berarti laporan atau catatan sehari-hari, dan ‘isme’ artinya paham atau ajaran.

Kesimpulannya, istilah jurnalistik dan jurnalisme punya makna yang sama. Tidak ada perbedaan yang signifikan, karena jurnalistik dan jurnalisme hanya berbeda istilah saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: KBBI Daring
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi