Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Energi Panas

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI
Ilustrasi energi panas dari api unggun
|
Editor: Silmi Nurul Utami


KOMPAS.com – Sebuah kertas tipis diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari, kemudian kaca pembesar dihadapkan ke arah sinar matahari sehingga kertas terbakar. Bentuk energi yang mengakibatkan kertas terbakar adalah energi panas.

Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan energi panas? Dilansir dari Encyclopedia Britannica, panas adalah energi yang dipindahkan dari satu benda ke benda lain sebagai akibat perpindahan suhu.

Sehingga, panas bukanlah hanya sekedar sifat suatu benda seperti benda ini terasa panas atau benda ini terasa dingin. Melainkan, panas adalah suatu bentuk energi yang dinamakan dengan energi panas.

Dilansir dari Thought Co, dalam sains terutama termodinamika, energi panas diartikan sebagai aliran energi antara dua sistem melalui energi kinetik dari benda yang lebih panas ke benda yang lebih dingin.

Baca juga: Definisi Energi Kinetik, Energi Potensial, dan Energi Mekanik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artinya, energi panas tidaklah diam dan selalu mengalir dari benda bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Misalnya panas dari tubuh manusia mengalir ke lingkungan, atau panas dari api unggun merambat melalui udara menghangatkan orang-orang disekitarnya.

Lalu dari mana energi panas muncul? Energi panas muncul dari pergerakan partikel. Seperti yang kita ketahui, segala macam materi atau zat yang ada di alam semesta terbentuk dari kumpulan partikel kecil yang kita kenal sebagai atom, molekul, ataupun ion.

Artinya, baik zat padat, cair, dan gas, semuanya tersusun dari partikel yang bergerak. Partikel-partikel tersebut dapat bergetar, bergerak secara acak, dan juga bertabrakan sesuai dengan energi kinetik internal yang dimilikinya.

Dilansir dari Science Learning Hub, pergerakan partikel itulah yang menciptakan bentuk energi yang kita sebut sebagai energi panas atau energi termal di semua materi.

Baca juga: Jenis-jenis Perpindahan Panas Atau Kalor

Energi panas mengalir dari sumber energi panas, merubah energi kinetik molekul di sekitarnya. Dari sumber energi panas ke lingkungan yang lebih dingin, baik melalui konduksi, konveksi, ataupun radiasi.

Misalnya, ketika kita memegang air dingin dalam gelas. Bukan dingin yang menjalar ke tubuh kita, melainkan panas tubuh kita yang berpindah ke gelas air dingin. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi