Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brand Awareness: Pengertian dan Peranannya

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI
Ilustrasi brand awareness
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Brand awareness merupakan kesadaran konsumen dalam mengenali sebuah merek. Perannya yang utama, yakni meningkatkan ingatan serta kesadaran konsumen akan suatu merek.

Semakin tinggi tingkat kesadaran merek (brand awareness) yang dimiliki konsumen terhadap suatu merek, berarti kian besar pula potensi merek tersebut dibeli dan digunakan konsumen.

Maka dari itu, brand awareness sangat penting untuk ditanamkan dalam benak konsumen. Tujuannya untuk meningkatkan niat beli konsumen akan suatu produk.

Apa itu brand awareness?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian brand awareness

Brand awareness adalah kesanggupan calon konsumen untuk mengenali serta mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari suatu kategori produk tertentu.

Menurut Darmadi Durianto, dkk dalam buku Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (2004), yang dimaksud dengan bagian dari suatu kategori produk ialah hubungan yang erat antara sebuah kategori produk dengan merek yang dilibatkan.

Misalnya dua produk dengan nama merek hampir serupa, ketika salah satu produk dipromosikan, hal ini tidak akan membantu brand awareness produk lainnya.

Baca juga: Perilaku Konsumen: Pengertian dan Manfaat Mempelajarinya

Brand awareness atau kesadaran merek juga bisa diartikan sebagai kemampuan merek yang muncul di benak konsumen saat mereka memikirkan suatu produk.

Dikutip dari buku Brand Marketing (2021) karya Debi Eka Putri, dkk, brand awareness tidak hanya membahas kemampuan merek yang muncul di benak konsumen, namun bagaimana konsumen memikirkan merek tersebut pertama kali dibanding merek lainnya.

Adanya kesadaran terhadap suatu merek, menandakan bahwa konsumen mempercayai produk tersebut dalam benaknya, sehingga mampu memunculkan niat beli dalam diri konsumen.

Peranan brand awareness

Dalam buku Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar (2004) karya Darmadi Durianto, peran utama brand awareness ialah meningkatkan kesadaran konsumen terhadap suatu merek, dalam rangka memperluas pemasaran produk.

Kesadaran merek dapat mempengaruhi persepsi dan tingkah laku konsumen akan suatu merek. Harapannya sebuah merek dapat dikenali dan senantiasa diingat konsumen, sehingga selalu menjadi pilihan utamanya dalam mencari produk.

Baca juga: 4 Faktor Utama yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Selain meningkatkan kesadaran konsumen terhadap sebuah merek, brand awareness juga berperan dalam meningkatkan nilai suatu produk, jasa, atau perusahaan.

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa eksistensi sebuah merek, produk, jasa, atau perusahaan sangat bergantung pada brand awareness atau kesadaran merek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi