Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kewajiban Siswa di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Hananta Wisnu Hermawan
Ilustrasi kewajiban siswa
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Hananta Wisnu Hermawan, Guru SDN 02 Brebeg, Cilacap, Jawa Tengah

 

KOMPAS.com - Setiap orang di seluruh dunia memiliki peranan dalam kehidupan sehari-hari. Peranan tersebut dilakukan atas dasar hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara.

Begitu pula siswa dalam kehidupan sehari-hari, tak lepas dari hak dan kewajibannya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apalagi di masa kemerdekaan, siswa-siswi di Indonesia haruslah mengisi kemerdekaan itu dengan kegiatan yang positif.

Pemerintah dan masyarakat Indonesia telah berupaya meningkatkan taraf kehidupan dan kecerdasan bangsa dengan berbagai macam program. Salah satunya adalah penyelenggaraan pendidikan bagi warga negara.

Baca juga: Dapatkah Siswa Berpartisipasi dalam Menghadapi MEA?

Baik itu pendidikan di rumah, sekolah maupun dalam masyarakat. Ada pula dengan program perbaikan fasilitas pendidikan yang muaranya adalah kepada kenyamanan siswa dalam kegiatan belajar.

Karena pemerintah dan masyarakat sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan cita-cita para bapak bangsa maka pelajar se-Indonesia haruslah ikut berperan.

Mereka dapat mengisi peran tersebut dengan melaksanakan kewajiban warga negara dalam mengikuti pendidikan.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Artinya dengan melaksanakan kewajiban maka seseorang akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan akan siap berperilaku yang positif.

Sebagai siswa tentu banyak kewajiban yang harus dilakukan terutama dalam dunia pendidikan. Berikut beberapa kewajiban bagi pelajar: 

Belajar

Tugas utama siswa adalah belajar. Belajar bisa dilakukan di mana saja. Bisa di rumah, sekolah maupun lingkungan sekitar.

Dengan belajar siswa akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupannya. Bahkan dengan belajar siswa bisa mewujudkan cita-cita para pahlawan di masa perjuangan dulu. Sehingga tujuan nasional bangsa Indonesia dapat tercapai.

Baca juga: Contoh Sikap Tanggung Jawab Siswa di Sekolah

Berbakti kepada kedua orangtua

Berbakti artinya melakukan perbuatan baik yang menyenangkan orangtua. Karena kedua orangtua kita telah bersusah payah mendidik dan membesarkan kita dari kecil sampai dewasa.

Menjalankan perintah agama

Semua agama yang ada di dunia ini mengajarkan hal-hal yang baik. Sehingga ketika kita menjalankan perintah agama maka kita telah melakukan perbuatan yang baik.

Dengan melakukan kegiatan yang baik maka kita telah berperilaku yang positif. Di mana perilaku positif itu merupakan perwujudan dari sikap memaknai kemerdekaan

Menghormati guru dan saling menghargai antarsesama siswa di sekolah

Guru adalah pengganti orang tua di sekolah, maka tidak heran bahwa sebagai siswa haruslah menghormati dan berbakti kepada guru. Dengan sesama teman pun juga harus saling menghargai. Sehingga tercipta suasana nyaman dalam belajar di sekolah.

Menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban di sekolah

Semua orang tentu akan merasa nyaman ketika suasana lingkungan bersih, aman dan tertib. Apalagi dalam kegiatan belajar di sekolah, agar siswa nyaman belajar maka siswa haruslah menjaga tiga hal tersebut.

Baca juga: Hak dan Kewajiban sebagai Siswa

Mengikuti upacara bendera dengan hikmat

Upacara bendera adalah salah satu kegiatan yang mencerminkan bela negara. Selain itu dengan mengikuti upacara secara hikmat maka siswa turut serta menghargai dan menghormati perjuangan para pahlawan.

Mematuhi peraturan lalu lintas

Mematuhi peraturan lalu lintas merupakan salah satu aspek keselamatan berkendara. Bila terjadi pelanggaran atau tidak mematuhi peraturan lalu lintas maka situasi di jalan akan tidak tertib, tidak aman bahkan bisa menimbulkan kecelakaan ataupun perselisihan dengan pengendara lain.

Turut serta dalam kegiatan gotong royong di masyarakat 

Nilai gotong royong cukup penting dalam pengembangan diri siswa. Dengan bergotong royong siswa akan mengembangkan perbuatan yang positif dan kekeluargaan, serta memupuk rasa tenggang rasa dan kepedulian terhadap sesama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi